Madrid (ANTARA News) - Kemenangan 27 kali berturut-turut Serena Williams akhirnya dihentikan Petra Kvitova dalam semifinal Madrid Terbuka sehingga petenis Ceko inilah yang maju ke final turnamen itu setelah menang 6-2, 6-3.

Kvitova akan menghadapi petenis Rusia Svetlana Kuznetsova Sabtu malam waktu setempat setelah dia menciptakan kejutan lainnya pada turnamen ini dengan menumbangkan juara bertahan Maria Sharapova 6-2, 6-4.

"Ini adalah hari yang spesial bagi saya dan saya senang berada di semifinal di sini di Madrid sehingga saya bisa bermain di final," kata Kvitova, petenis Ceko yang menjadi juara Wimbledon ini.

Kvitova merebut empat game terakhir sejak kedudukan 2-2 pada set pertama.  Dia melesat unggul 5-1 pada set kedua dan mengakhirinya pada 6-3 sehingga untuk pertama kalinya dalam enam pertemuannya dengan Serena, akhirnya bisa menang.

Kuznetsova juga mencatat kemenangan pertama dari Sharapova dalam tujuh tahun terakhir untuk mencapai final turnamen besar pertamanya sejak 2009.

"Pekan ini saya berjuang. Saya agak sedikit beruntung pada beberapa hal," kata Kuznetsova.

Juara bertahan Sharapova sebenarnya menjadi favorit kuat untuk mencapai final guna merebut gelar turnamen ini dalam tiga tahun berturut-turut.

Namun Kuznetsova yang dua kali juara Grand Slam-lah yang mendikte permainan.  "Dia pemain yang lebih baik," kata Sharapova seperti dikutip AFP.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015