Kami ingin lebih banyak pelaku UMKM di Indonesia tersentuh digital
Denpasar (ANTARA News) - Google Indonesia memberikan pelatihan dan edukasi kepada ratusan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Denpasar, Bali, untuk memanfaatkan teknologi internet sebagai media pemasaran produk pelaku usaha itu.

"Kami ingin lebih banyak pelaku UMKM di Indonesia tersentuh digital," kata Head of Public Policy and Government Relations Google Indonesia, Shinto Nugroho yang ditemui dalam Seminar Gapura di Denpasar, Sabtu.

Menurut dia, potensi produk UMKM di Indonesia sangat besar dengan keaslian dan keragaman produk namun dunia lebih mengenal produk negara tetangga.

Hal itu diyakini karena pemasaran yang belum banyak menyentuh era online atau melalui internet.

"Untuk itu kami bantu UMKM di Indonesia agar go global karena kualitas dan kerja keras ada, tinggal kesempatan ini yang kami dorong," ucapnya.

Shinto mengutip data riset yang dikeluarkan oleh Access Markets International (AMI) tahun 2013 yang menyebutkan bahwa terdapat 55,2 juta pelaku usaha kecil menengah di Indonesia namun baru 75 ribu yang memanfaatkan internet.

Padahal pengguna internet yang aktif di Tanah Air mencapai sekitar 4,6 juta yang melakukan transaksi belanja via dunia maya.

Seminar Gapura itu digelar di lima kota mulai 28 Maret 2015 yakni di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar dan Makassar.

Denpasar dipilih, kata dia, karena tingkat adaptabilitas masyarakat di kota ini terhadap teknologi internet yang cukup tinggi dengan potensi pelaku usaha UMKM yang besar.

Dalam seminar tersebut dikenalkan sejumlah hal menyangkut bisnis di dunia maya melalui web, mobile dan aplikasi dengan menghadirkan pembicara yang merupakan pelaku UKM online.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015