Milan (ANTARA News) - Palagan antara AC Milan dan AS Roma menorehkan catatan sejarah sebagai duel ke-160 antara kedua tim itu. Rossoneri memimpin dengan mengemas 71 kemenangan, sementara lawannya memperoleh 40 kemenangan.

Hanya saja AC Milan belum pernah menundukkan AS Roma dalam liga laga terakhir di ajang Serie A dengan catatan tiga kali imbang dan dua kali kalah. Apakah catatan ini dapat saja merupakan salah satu gambaran bahwa Milan perlu mengerahkan energi ekstra dan taktik jitu untuk mengalahkan Roma?

AC Milan akan menjamu AS Roma dalam laga Serie A yang diadakan di Stadio Giuseppe Meazza, Milan, pada Sabtu waktu setempat, atau Minggu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan ini akan ditayangkan oleh Kompas TV.

Dengan mengemas 44 kemenangan dan 16 kali kalah ketika melawan Roma di kandang sepanjang lintas sejarah Serie A, tentunya Giallorossi diharapkan tampil gemilang di kandang.

Hanya saja, Milan menderita tiga kekalahan dalam tiga laga terakhir, yang menyebabkan mereka kehilangan poin demi poin. Sebaliknya, Roma meraih dua kemenangan tanpa kemasukan gol di ajang Serie A.

Rossoneri sedang menjalani perjalanan sarat batu onak berduri. Ketika melawan Napoli gamblang bahwa pasukan pelatih Filipo Inzaghi ini kerepotan membendung serangan lawan. Akibatnya, mereka kini berada di peringkat kesebelas di klasemen Serie A.

Prestasi mengecewakan Milan ini akhirnya mendorong pemilik klub Silvio Berlusconi menjalin pembicaraan mengenai kemungkinan menjual sebagian saham kepada pengusaha asal Thailand Bee Taechaubol.

Sedangkan, Roma di bawah asuhan pelatih Rudi Garcia tidak terlalu banyak menghadapi batu ujian selama menapak laga demi laga di Serie A. Hanya saja bel tanda bahaya berbunyi ketika Inter Milan mengalahkan Roma 2-1 dua bulan lalu.

De facto, kemenangan 2-0 atas Genoa pada pekan ini menorehkan catatan sebagai kemenangan kedua selama bertanding di kandang terhitung sejak November 2015 di kompetisi domestik.

 Komentar dua pelatih:

* Filippo Inzaghi (AC Milan):

"Kami harus tampil makin kompak mengingat Roma memiliki sederet gelandang terbaik di Italia. Kami perlu tampil serupa ketika bertanding di Roma pada Desember lalu (dengan hasil imbang 0-0). Kami harus menunjukka semangat bertanding seperti ketika melawan Napoli pada pekan lalu."

"Penampilan tim harus menunjukkan motivasi yang tinggi dan berusaha keras meraih kemenangan. Saya sedikit kecewa ketika mereka tampil buruk, meski mereka terus menunjukkan perkembangan yang makin membaik."

"Ketika mengarungi Januari sampai Februari, kami mengalami pasang surut penampilan. Kami kehilangan jati diri karena itu kami menelan kekalahan."

"Kami harus tampil secara kolektif. Kami tidak ingin menyalahkan satu pemain. Tugas saya hanyalah fokus kepada pertandingan dan meraih hasil terbaik dari pertandingan nanti melawan mereka (Roma)."

"Menjadi pelatih Milan sungguh hal yang istimewa. Kontrak saya masih tersisa 13 bulan ke depan. Semuanya terserah kepada keputusan presiden klub Silvio Berlusconi yang ingin Milan meraih hasil terbaik."

* Rudi Garcia (AS Roma):
" Kami harus membulatkan tekad ketika menghadapi laga melawan Milan. Mengenai dia (Mattia Destro), saya tekankan bahwa dia pemain berbakat. Di sini saya hanya bicara soal para pemain saya. Untuk itu, kami perlu lebih berkonsentrasi."

"Mengenai taktik, (penguasaan) bola merupakan taktik yang amat diperlukan dalam sepak bola. Untuk itulah, kami senantiasa mendambakan kemenangan."

"Saya mendaulat kepada para pemain agar tampil makin kompak utamanya ketika menggalang pertahanan. Dengan begitu kami mampu lebih cepat melancarkan serangan balik. Untuk itu, peran seluruh pemain sangatlah penting. Kata kuncinya, konsentrasi!"  

 
Prakiraan susunan pemain:
* AC Milan (4-3-3):

Lopez (penjaga gawang), Abate, Alex, Paletta, Antonelli, Poli, De Jong, Van Ginkel, Bonaventura, Honda, Destro

* AS Roma (4-3-3):
De Sanctis (penjaga gawang), Florenzi, Astori, Manolas, Torisidis, Pjanic, De Rossi, Nainggolan, Iturbe, Gervinho, Doumbia

Data dan fakta:
 
* Pemain Milan, Jeremy Menez masih terkena suspensi, artinya Mattia Destro harus menggalang serangan ke kubu lawan.
* Masih perlu dikonfirmasi lebih lanjut, apakah kontrak Inzaghi sebagai manajer Milan berakhir di musim kompetisi ini?
* Pemain Roma Seydou Kambia bakal kembali bertarung, setelah sebelumnya mengalami cedera.
* Roma menorehkan catatan tidak terkalahkan dalam 22 laga dari 24 laga di Serie A
* Milan kebobolan sekurang-kurangnya dua gol dalam tiga laga teakhir mereka di ajang Serie A.
* Roma belum terkalahkan dalam lima laga terakhir melawan AC Milan di seluruh kompetisi.
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L: kalah; D:imbang)
 
* AC Milan: L L L D D

3/5/15 Napoli 3 - 0 AC Milan
29/4/15 AC Milan 1 - 3 Genoa
25/4/15 Udinese 2 - 1 AC Milan
19/4/15 Internazionale Milano 0 - 0 AC Milan
12/4/15 AC Milan 1 - 1 Sampdoria

* AS Roma: W W L D D
3/5/15 AS Roma 2 - 0 Genoa
29/4/15 Sassuolo 0 - 3 AS Roma
25/4/15 Internazionale Milano 2 - 1 AS Roma
19/4/15 AS Roma 1 - 1 Atalanta
12/4/15 Torino 1 - 1 AS Roma

Head To Head:
 
20/12/14 AS Roma 0 - 0 AC Milan
25/4/14 AS Roma 2 - 0 AC Milan
16/12/13 AC Milan 2 - 2 AS Roma
12/5/13 AC Milan 0 - 0 AS Roma
22/12/12 AS Roma 4 - 2 AC Milan

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 
* AC Milan 0 - 2 AS Roma (12 persen)
* AC Milan 1 - 2 AS Roma (10 persen)
* AC Milan 2 - 1 AS Roma (9 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* AC Milan: 1
* AS Roma: 2

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015