Pasuruan (ANTARA News) - PT Jasa Marga melakukan uji coba pengoperasian jalan tol Kejapanan-Gempol sepanjang 3,55 kilometer secara gratis sejak 8--17 Mei 2015.

"Sudah kami sosialisasikan melalui media massa terkait uji coba gratis pengoperasian Jalan Tol Gempol-Kejapanan, bahkan pada Jumat (8/5) pukul 07.00 WIB ada kendaraan yang sudah masuk tol, padahal baru dibuka sekitar pukul 10.00 WIB," kata Kepala Gerbang Tol Gempol, Utomo ketika ditemui di kantor Jasa Marga, Sabtu.

Ia mengatakan Seksi Jalan Tol Kejapanan-Gempol merupakan proyek relokasi Jalan Tol Porong-Gempol yang terendam lumpur sepanjang 5 kilometer, dan terbagi menjadi dua di antaranya jalan tol jalur Kejapanan-Gempol sepanjang 3,55 kilometer dan jalan tol jalur Porong-Kejapanan sepanjang 6,45 kilometer.

"Seksi Kejapanan-Gempol merupakan bagian dari proyek relokasi Porong-Gempol yang sudah dilakukan sejak bulan Agustus 2006, namun jalan tol tersebut tidak dapat beroperasi akibat meluapnya lumpur Sidoarjo," paparnya.

Menurutnya, beroperasinya Seksi Kejapanan-Gempol diharapkan bisa mempersingkat waktu tempuh masyarakat jika melewati jalur arteri yang sebelumnya memakan waktu 30 menit, maka dengan adanya Jalan Tol Kejapanan-Gempol menjadi 10 menit.

"Penetapan tarif Jalan Tol Kejapanan-Gempol ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 259/KPTS/M/2015 tentang penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Relokasi Porong-Gempol Seksi Kejapanan-Gempol pada Jalan Tol Surabaya-Gempol," paparnya.

Dalam pengoperasian Seksi Kejapanan-Gempol itu akan menggunakan sistem operasi tertutup dengan besaran tarif tol Golongan I Rp3.000, Golongan II Rp4.500, Golongan III Rp6.000, Golongan IV Rp7.500 dan Golongan V Rp8.500.

"Ketika masa uji coba ini setiap pintu gerbang tol akan dipandu oleh petugas, terutama di pintu gerbang tol Gempol 1 dengan sistem pengambilan kartu karena kendaraan besar seperti bus atau truk masih kesulitan untuk mengambil kartu tersebut," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah/Laily Widya Arishandi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015