Kami harus tetap tenang dan berusaha mengendalikan permainan kami."
Berlin (ANTARA News) - Bayern Munich menelan kekalahan beruntun kempat saat takluk 0-1 dari Augsburg pada Sabtu, menjelang misi nyaris mustahil mereka di semifinal Liga Champions ketika melawan Barcelona.

Penyerang asal Paraguay Raul Bobadilla menindak lanjuti penampilan pemain Barcelona Lionel Messi, dengan menambah lebih banyak kesedihan kepada juara Liga Jerman Bayern, lapor AFP.

Bayern akan menjamu Barca pada pertandingan semifinal pada Selasa, dengan menghadapi tugas berat setelah mereka takluk 0-3 di Spanyol, ketika Messi mengemas dua gol, yang diikuti oleh kekalahan-kekalahan dari Borussia Dortmund di semifinal Piala Jerman dan kekalahan dari Bayer Leverkusen di Liga Jerman.

"Ini tidak mudah, setelah kekalahan dari Barcelona, untuk bermain selama 80 menit dengan kekurangan satu pemain," kata pelatih Bayern Pep Guardiola, yang masih belum dapat memainkan dua pemain sayap yang cedera Franck Ribery dan Arjen Robben.

"Kami tidak memiliki pemain sayap lagi, maka bek-bek sayap kami harus menyerang juga."

Mengenai pertandingan Selasa melawan bekas klubnya Barcelona, Guardiola menambahi, "Jika kami hanya fokus pada mencetak gol demi gol, kami akan menelan kekalahan besar."

"Kami harus tetap tenang dan berusaha mengendalikan permainan kami."

Guardiola menurunkan tim dengan kekuatan nyaris penuh saat melawan Augsburg, di mana ia hanya mengistirahatkan Xabi Alonso dan Manuel Neuer.


Kartu Merah Reina

Namun raksasa Jerman itu nyaris bermain selama 80 menit dengan sepuluh pemain, setelah kiper cadangan Pepe Reina mendapatkan kartu merah.

Neuer masuk untuk menghadapi penalti setelah Reina diusir keluar lapangan saat pertandingan baru berlangsung 13 menit, karena pelanggarannya terhadap Bobadilla.

Sepakan penyerang asal Belanda Paul Verhaegh membentur tiang gawang saat mengeksekusi penalti, setelah ia mengecoh Neuer.

Upaya Mario Goetze kemudian membentur tiang gawang Augsburg, dan penyerang Robert Lewandowski melepaskan tendangan yang mengenai mistar gawnag pada akhir babak pertama.

Augsburg memastikan kemenangan ketika gelandang Denmark Pierre-Emile Hoejbjerg, yang dipinjam dari Bayern, melepaskan umpan silang yang diteruskan Bobadilka dengan sepakan tumit melewati Neuer pada menit ke-71.

Dengan dua pertandingan tersisa, secara matematis Borussia Moenchengladbach telah mengamankan tiket Liga Champions musim depan, setelah mereka menang 3-0 atas Bayer Leverkusen yang mendongkrak mereka ke peringkat kedua.

Penyerang Jerman Max Kruse, yang akan bergabung dengan Wolfsburg pada musim depan, membawa mereka unggul ketika ia mengonversi operan Patrick Herrmann pada menit ke-50, sebelum pemain sayap Gladbach itu menambahi gol kedua mereka pada menit ke-81.

Penyerang Guinea Ibrahima Traore kemudian mengklaim gol keduanya dalam dua pertandingan, ketika ia mencetak gol ketiga dua menit sebelum pertandingan usai.

Kemenangan ini mendongkrak pasukan Lucien Favre naik ke peringkat kedua, dengan mengungguli Wolfsburg, yang akan bermain di markas Paderborn pada Minggu.

Borussia Dortmund berada di ambang untuk meraih tiket Liga Europa musim depan, setelah menikmati kemenangan 2-0 atas Hertha Berlin.

Gol-gol dari para bek Neven Subotic dan Erik Durm mengangkat Dortmund untuk menghuni peringkat ketujuh, dan tertinggal enam angka dari Schalke yang bermain melawan Cologne pada Minggu.

Dengan diistirahatkannya pemain sayap Jerman Marco Reus, Subotic menanduk bola pada menit kesembilan sebelum Henrikh Mkhitaryan memberikan assist keduanya, ketika operannya tertuju pada Durm, dan pemain yang ikut memperkuat tim Piala Dunia ini mencatatkan gol pertamanya musim ini pada menit ke-47.

Hanover tetap berada di peringkat ketiga dari bawah setelah bermain imbang 1-1 dengan Werder Bremen.

Stuttgart tetap berada di peringkat paling bawah meski menang 2-0 atas Mainz, berkat gol-gol dari Daniel Didavi dan Filip Kostic, yang berarti hanya dua angka yang memisahan kelima klub terbawah.

Tim papan tengah Eintracht Frankfurt menikmati kemenangan 3-1 atas Hoffenhemim, sedangkan Hamburg tetap berada di atas zona degradasi melalui hasil imbang 1-1 dengan Freiburg pada Jumat, berkat gol penyama kedudukan Gojko Kacar menyamakan kedudukan pada menit ke-90.

(Uu.H-RF/A016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015