Keterangan dari Airbus Industrie, di Jakarta, Minggu, menyatakan, pesawat terbang transpor militer bernomor seri MSN023 tersebut sedang dalam penerbangan produksi (production flight) perdananya, dan berangkat dari Bandar Udara Sevilla pada pukul 12.45 waktu setempat.

Airbus Industrie, dengan sangat berduka, memastikan bahwa kecelakaan itu telah mengakibatkan empat awak tewas dari total enam awak pesawat yang ikut dalam penerbangan itu.

Dua awak pesawat yang selamat saat ini tengah berada di rumah sakit dan mendapatkan penanganan serius. Seluruh awak pesawat itu pegawai Airbus Defence and Space berkebangsaan Spanyol.

Dalam keterangan itu, segenap manajemen dan staf Airbus Defence and Space menyampaikan duka cita mendalam pada para keluarga dan kerabat dari semua pihak yang terkait dalam musibah ini, serta telah dan akan terus memberikan segala daya-upaya dan dukungan sepenuhnya.

Satu tim lapangan (go-team) Airbus Group yang terdiri atas sejumlah penasihat teknis telah diturunkan untuk memberikan bantuan penuh yang dibutuhkan kepada otoritas resmi yang bertanggung jawab atas investigasi ini. 

MSNS023 itu rencananya akan menjadi pesawat ketiga yang akan diserahkan pada pelanggan asal Turki. Penyerahan resmi semula dijadwalkan pada Juni 2015.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015