Washington (ANTARA News) - Paul Pierce menciptakan poin penentu kemenangan untuk membawa Washington Wizards menang 103-101 dalam Game 3 semifinal playoff NBA Wilayah Timur melawan Atlanta Hawks.

Aksi heroik Pierce mengantarkan Wizards memimpin 2-1 atas Atlanta yang merupakan unggulan utama Wilayah Timur dalam putaran dua seri best-of-seven ini.

Aksi itu juga menggagalkan kebangkitan Hawks yang sukses menyusul poin tuan rumah sejak tertinggal 20 poin pada kuarter keempat.

Pelatih Wizards Randy Wittman berseloroh bahwa timnya telah sukses merintangi halangan.

"Sempurna kan?" katar Wittman setelah menyaksikan timnya menyianyiakan kepemimpinan 21 poin hanya untuk menang pada detik-detik terakhir.

Guard All-Star Washington John Wall, yang mengalami lima patah tulang pada tangan kirinya, menyaksikan dari pinggir lapangan ketika timnya sempat unggul meyakinkan namun menguap begitu saja pada 10 menit terakhir setelah Hawks yang diotaki para pemain cadangannya balik mengejar dengan selisih efektif menembak 21-3 dari lawannya sepanjang kuarter empat.

Jumlah itu termasuk 17 poin telak yang membuat kedudukan menjadi 94-91 pada 3 menit 12 detik terakhir permainan.

Mike Muscala lalu membawa Hawks menyamakan kedudukan lewat satu lemparan tiga angka pada 14,8 detik terakhir.

Pierce membawa bola untuk melepaskan lemparan terakhir dan lalu memasukkan satu jump shot tepat ketika bel tanda pertandingan berakhir berbunyi.  Tak pelak aksinya ini memicu selebrasi gila-gilaan dari rekan-rekan satu timnya.

"Saya sering berada dalam situsi seperti itu," kata Pierce (37). "Jika saya gagal, kami tidak ingin mereka meminta timeout."

"Oleh karena itu saya mengatur waktu dan lalu mendapat peluang menembak.  Saya senang sekali kami menang," sambung dia.

Wizards tetap tampil menawan meski tanpa Wall, dengan melakukan 27 assist dan 37 basket. Bradley Beal, Otto Porter dan Nene masing-masing menyumbangkan 17 poin.

Jeff Teague mempersembahkan18 poin untuk Atlanta, Al Horford 14 poin dan DeMarre Carroll 12 poin.

Namun para pemain cadangan Hawk -lah yang cemerlang dengan mencetak 33 poin dari total 35 poin Atlanta pada kuarter keempat.

"Saya sangat bangga pada mereka, pada cara mereka menuntaskan permainan dan membuat kami bangkit," kata pelatih Hawks Mike Budenholzer yang berusaha mencuri satu kemenangan di kandang Wizards pada Game 4 Selasa pagi WIB lusa, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015