Banjarmasin (ANTARA News) - Kebakaran yang terjadi di Pekapuran Laut Gang Cempaka Putih Rt 11 Banjarmasin Tengah, menghanguskan enam unit rumah hingga rata dengan tanah.

"Diduga asal api dari rumah salah seorang warga bernama Rahimah karena saat itu terlihat kepulan asap keluar dari atap rumahnya," kata Ketua RT 11 Pakih Usman di Banjarmasin, Minggu.

Ia mengatakan, kejadian kebakaran itu terjadi pada Minggu (10/5) siang sekitar pukul 14.30 Wita di saat sejumlah warga sedang santai bersama keluarga di hari libur.

Dia mengatakan, saat api berkobar dari rumah Rahimah warga di sekitar tempat kejadian langsung sibuk untuk memandamkan api tersebut dan juga menyelamatkan harta benda milik mereka.

Melihat api mulai membesar warga beramai-ramai dengan dibantu sejumlah pemadam kebakaran yang dengan sigap datang ke tempat kejadian akhirnya tidak beberapa lama api berhasil dikuasai.

"Kebakaran itu dapat dikuasai sekitar pukul 15.15 Wita. Setelah itu Aparat kepolisian dari Polsek Banjarmasin Tengah datang untuk mengamankan lokasi dengan memasang garis polisi," tuturnya di tempat kejadian.

Usai api dipadamkan terlihat ada enam unit rumah yang hangus terbakar dan rata-rata rumah warga terbuat dari bahan kayu yang mudah terbakar.

Hasil pendataan sementara rumah warga yang terbakar dalam peristiwa Minggu siang itu di antaranya rumah milik Noor Aida, Rahimah, Fahrian, Gafur, Ijai dan Yuliansyah.

Usman sapaan Akrab Ketua RT 11 itu terus mengatakan sementara tidak ada korban jiwa namun warga mengalami kerugian materil atas peristiwa itu.

"Kerugian yang dialami warga kami dari peristiwa ini berkisar ratusan juta rupiah," ucapnya yang menyaksikan langsung kebakaran tersebut.

Sementara kasus kebakaran ini ditangani oleh pihak kepolisian setempat guna mengetahui apa penyebab hingga api berkobar dan menghanguskan enam unit rumah milik warga Pekapuran Laut itu.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015