Baghdad (ANTARA News) -28 orang tewas, termasuk tiga pembom bunuh diri, dan lebih dari 28 orang lagi cedera dalam serangan bom dan bentrokan dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di seluruh Irak, kemarin (10/5).

Beberapa pria bersenjata menculik sembilan orang di bagian timur negeri tersebut, kata beberapa sumber keamanan seperti dikutip Xinhua.

Di Provinsi Anbar, Irak Barat, bentrokan sengit meletus antara pasukan keamanan Irak dan milisi sekutunya Hashd Shaabi atau Gerakan Rakyat, dengan ISIS di sebelah selatan Fallujah yang dikuasai IS dan berjarak 50 kilometer di sebelah barat Baghdad, kata satu sumber keamanan provinsi kepada Xinhua.

Dalam bentrokan itu, tiga pembom bunuh diri meledakkan kendaraan mereka yang diisi peledak di dekat tentara, sehingga menewaskan sedikitnya 10 anggota keamanan dan milisi serta melukai delapan orang lagi, kata sumber tersebut.

Sementara itu, pesawat tempur koalisi pimpinan AS memberi dukungan udara buat tentara Irak di medan tempur di dekat Fallujah, demikian laporan Xinhua.

Masih di provinsi sama, pasukan keamanan dan petempur suku sekutunya memerangi gerilyawan ISIS di daerah Albu Farraj yang memisahkan daerah tersebut dari Ramadi, sekitar 110 kilometer di sebelah barat Baghdad. Tiga anggota ISIS tewas, kata sumber itu tanpa merincinya.

(C003)


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015