Kendari (ANTARA News) - Para kandidat bupati tujuh kabupaten yang mendaftar melalui PDIP Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai menjalani uji kelayakan yang dilakukan oleh panitia seleksi calon bupati PDIP Sultra.

Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Sultra, Muhammad Lutfi di Kendari Senin mengatakan uji kelayakan para kandidat bupati PDIP tersebut dimulai Minggu malam dan akan berakhir Sabtu (16/5).

"Setiap hari, kita menjadwalkan uji kelayakan calon-calon bupati dari satu kabupaten," katanya.

Ia mengatakan kandidat bupati yang mendapat giliran pertama menjalani uji kelayakkan oleh panitia seleksi calon bupati PDIP Sultra tersebut adalah kandidat bupati Konawe Utara.

Mereka adalah Aswad Sulaeman (Bupati Konawe Utara), Abuhaera (Sekretaris Pemerintah Kabupaten Konawe Utara) dan Nurtan Jaya (anggota DPRD Konawe Utara asal PDIP).

Menurut dia, para kandidat bupati yang menjalani uji kelayakan tersebut sudah melalui tahap penyaringan di DPC PDIP Kabupaten yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember 2015.

Pada setiap kabupaten, kata dia, paling sedikit ada tiga kandidat bupati yang lolos penyaringan dan maksimal tujuh kandidat bupati.

"Kabupaten yang meloloskan tujuh kandidat bupati dalam tahap penyaringan adalah Kabupaten Konawe Selatan dan Kolaka Timur," katanya.

Sedangkan di Kabupaten Wakatobi  hanya meloloskan lima kandidat bupati dan empat kabupaten lain (Buton Utara, Konawe Utara, Konawe Kepulauan dan Muna) masing-masing lolos tiga kandidat bupati.

"Uji kelayakkan ini akan menghasilkan dua kandidat bupati, selanjutnya diteruskan ke DPP PDIP untuk menentukan satu calon bupati PDIP," katanya.

Pewarta: Agus
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015