Saat ini sudah rampung 20 persen dan kita targetkan menyelesaikan sampai 40 persen hingga akhir tahun. Begitupun pada tahun-tahun berikutnya kita targetkan bisa merampungkan 20 persen sehingga selesai 2018,"
Makassar (ANTARA Net) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengunjungi Stadion Barombong Makassar, Sulawesi Selatan, untuk melihat langsung perkembangan pembangunan stadion berkapasitas 40 ribu penonton tersebut, Senin.

Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel Heri Sumiharto di Makassar mengatakan Wapres JK dalam kunjungannya tersebut didampingi Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto.

"Wapres memberikan apresiasi terhadap pembangunan Stadion Barombong ini. Wapres juga memiliki harapan yang sama agar stadion kebanggaan masyarakat Sulsel ini bisa segera dirampungkan," jelasnya.

Kunjungan JK ke stadion yang masih masih dalam tahap pembangunan ini cukup mendadak. Kondisi itu yang membuat Dispora Sulsel harus pontang panting melakukan persiapan.

Wapres JK sebelumnya telah meresmikan program pembiayaan kelautan dan perikanan JARING (Jangkau, Sinergi dan Guideline) di Pelabuhan Boddia, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

"Kunjungan JK di Stadion berlangsung kurang lebih 15 menit. Kami juga berharap bantuan anggaran dari pusat agar pembangunan stadion bisa cepat dirampungkan," katanya.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Pengendalian Mutu dan Pemeliharaan Dispora Sulsel, Syamsul Bahri Said, menyatakan pihaknya menargetkan pengerjaaan Stadion Barombong pada 2015 ini bisa dirampungkan hingga 40 persen.

"Saat ini sudah rampung 20 persen dan kita targetkan menyelesaikan sampai 40 persen hingga akhir tahun. Begitupun pada tahun-tahun berikutnya kita targetkan bisa merampungkan 20 persen sehingga selesai 2018," ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, baru tribun bagian timur yang sudah terbentuk. Sementara tribun disekelilingnya masih terus dalam proses pengerjaan. Pihaknya juga mengakui membutuhkan dana dan waktu yang lebih lama mengingat tribun stadion yang bertingkat tiga.

Sementara untuk kondisi lapangan dan lintasan lari, kata dia, sudah tidak ada masalah. Pihaknya bahkan mempersilahkan jika PSM Makassar mau menggunakan Stadion Barombong sebagai tempat latihan dalam persiapan menghadapi kompetisi Indonesia Super League musim depan.

"Kami juga terus berupaya menyelesaikan sejumlah ruangan fasilitas pertandingan seperti ruang ganti pemain dan sebagainya," katanya.

Terkait persoalan anggaran, pihaknya mengaku telah memiliki anggaran sebesar Rp25 miliar yang berasal dari APBD Provinsi. Pihaknya juga masih terus melobi pusat untuk memberikan bantuan anggaran dari APBN sebesar Rp35 miliar sehingga total anggaran bisa mencapai Rp60 miliar.

"Khusus untuk anggaran APBD Provinsi yakni sebesar Rp 25 miliar. Kami tentu akan terus berupaya maksimal agar stadion ini bisa segera rampung dan digunakan," katanya. 

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015