Jakarta (ANTARA News) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Bekasi serta Majalah Fokus Bekasi akan menggelar lomba lari "KODIM 0507/Bekasi 10 K dan 5 K" pada Minggu, 24 Mei 2015 yang mengambil start dan finish di Stadion Patriot. 

Lomba ini adalah bagian dari "Tahun Bekasi Ladang Atlet" yang sudah dicanangkan para pengelola olahraga di Kota Bekasi.

Ketua Panitia Pelaksana, Yon Moeis, menyatakan lomba dengan rute jalan raya di Kota Bekasi ini ditargetkan akan diikuti 5.000 peserta dari dua kategori; 10K TNI/Polri dan umum serta 5K pelajar, mahasiswa dan umum. 

"Kami sudah mendapat restu langsung dari Ketua PB PASI Pusat, Pak Bob Hasan," katanya.

Peserta lomba ini akan dipilah sesuai kategori;  10 K untuk TNI/ Polri dan umum (putra dan putri). Sedangkan 5 K untuk mahasiswa/umum putra dan putri, pelajar (SLTP dan SLTA) putra dan putri. 

Komandan KODIM 05/07 Bekasi, Letnan Kolonel Inf. Yuda Rismansyah berharap ajang ini untuk menjaring bibit atlet berprestasi. "Banyak atlet mencari ajang lomba di luar Kota Bekasi, sekang kita mengadakan langsung di Kota Bekasi," kata Yuda. 

Lomba adu kecepatan ini menyediakan Piala Komandan KODIM 0507/ Bekasi dan medali emas untuk juara 10 K kategori TNI/POLRI, Piala Kapolresta Bekasi Kota dan medali Perak untuk peringkat kedua dan dan Piala Ketua KONI Kota Bekasi untuk peringkat ketiga. 

Sedangkan untuk 5 K juara kategori umum dan mahasiswa serta pelajar memperebutkan Piala Kapolresta Bekasi Kota dan medali emas (putra-putri), peringkat dua Piala Komandan KODIM 05/07 Bekasi serta medali perak, dan peringkat tiga mendapatkan Piala Ketua KONI Kota Bekasi dan medali perunggu (putra-putri).

Selain piala dan medali, pemenang dari urutan pertama hingga ke sepuluh mendapatkan hadiah uang, pada setiap kategori. Peserta lainnya juga masih bisa mendapatkan hadiah 100 paket door prize yang disediakan panitia lomba.

Pemimpin Umum Majalah Fokus Bekasi, Decy C. Wijaya berharap event ini bisa menggairahkan olahraga atletik di Kota Bekasi. "Saya mengundang masyarakat, mahasiswa dan pelajar di Kota Bekasi untuk ikut serta meramaikan lomba ini," kata Decy. 

Untuk pendaftaran, 10 K kategori TNI/POLRI dikenai biaya Rp 50 ribu dan Rp 200 ribu untuk umum. Sedangkan 5 K  biaya pendaftaran Rp 50 ribu untuk pelajar, umum Rp 200 ribu dan mahasiswa Rp 150 ribu. Pada pelaksanaannya para peserta akan mendapatkan kaos/t-shirt dan nomor dada. Selain itu nomor urut peserta sekaligus akan diundi untuk mendapatkan door prize.

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015