Jakarta (ANTARA News) - LINE, aplikasi pesan mobile mengumumkan keberhasilan peluncuran layanan LINE Webtoon sebuah platform penerbitan digital tersedia pada web dan mobile Android serta iOS.

LINE Webtoon digratiskan untuk para pembuat komik baik amatir maupun profesional untuk menampilkan karya terbaik mereka kepada para penyuka komik di seluruh dunia.

"Sejak tersedianya layanan Webtoon di Indonesia, kami telah mendapat tanggapan dan perhatian yang luar biasa positif dari para pembaca dan pengguna," kata JunKoo Kim, pencetus Webtoon, dalam pernyataan resminya, Senin.

Kim mengatakan LINE Webtoon pertama kali berkolaborasi dengan "Si Juki", sebuah karakter komik yang telah sangat dikenal luas berbarengan dengan dirilisnya stiker gratisnya.

"Ini menjadi bukti kuat bahwa orang-orang Indonesia sudah siap mendukung cara baru membaca komik yakni melalui perangkat ponsel mereka, kapan dan di mana saja," ujar dia.

"Si Juki", mahakarya Faza Meonk, adalah komik yang bercerita tentang Juki, seorang pemuda yang tinggal di rumah kos dan menjalani kesehariannya dengan banyak humor sehingga mudah dimengerti para pembaca muda perkotaan.

Komik lain yang juga popular adalah "Piraku X Piraku", mahakarya komikus asal Bandung, Sweta Kartika. Ini adalah komik seputar cerita keluarga yang anak-anaknya memiliki kemampuan super yang membawa mereka pada petulangan-petualangan seru.

"Melihat fenomena yang luar biasa ini di Indonesia, kami percaya LINE Webtoon akan menjadi lebih dari sekadar platform komik dan penerbitan, tapi menjadi sebuah platform katalisator kreativitas bagi para bakat-bakat dan pembuat komik di Indonesia," kata Kim.

"Kami sangat mendorong lebih banyak lagi para pembuat komik lokal di Indonesia untuk bergabung bersama kami dan mempublikasikan karya terbaik mereka melalui LINE Webtoon," tambah dia.

LINE menyebutkan Official Account LINE Webtoon (@idwebtoon) mendapatkan dua juta pengikut hanya dua minggu berselang sejak pertama kali dikenalkan.
 
Pada LINE Webtoon ada layanan di mana penggemar dapat menemukan konten komik berbasis web (webcomic) secara teratur karena penerapan sistem harian yang dapat memberikan episode-episode terbaru pada serial-serial popular setiap hari, setiap minggu.

Dengan keragaman serial webcomic, para penggemar komik dapat selalu memiliki konten terbaru. Para pengguna LINE Webtoon juga dapat menikmati berbagai jenis/genre webcomics, mudah mengakses untuk mengunduh konten dan menerima notifikasi kapan seri terbaru akan dirilis/tersedia.

LINE Webtoon berencana memberi lebih banyak lagi variasi serial Webtoon kepada para pengguna LINE dan akan lebih banyak mengundang para bakat asal Indonesia.


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015