Jakarta (ANTARA News) - Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest Hongaria mempromosikan produk Indonesia sambil menggelar kegiatan amal untuk Kebun Binatang Nyireghaza (Sosto Zoo) Hongaria yang juga memelihara hewan langka asal Indonesia, Komodo.

“Kegiatan ini merupakan event promosi produk Indonesia terbesar yang diselenggarakan secara mandiri oleh perwakilan Indonesia di Hongaria sebagai wujud optimisme dan strategi untuk mendukung program peningkatan ekspor 300 persen,” tegas Duta Besar RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo lewat siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Indonesian Days Charity Bazaar (IDCB) dilaksanakan selama 5 hari sejak 8-9 Mei di Millenaris Teatrum, Budapest, yang dilanjutkan pada 12-14 Mei dengan tajuk berbeda yakni Indonesian Days di Pasar Csarnock Budapest.

Pasar Csarnock dipilih karena merupakan pasar tradisional terbaik di Eropa yang dikunjungi lebih dari 30.000 orang setiap hari.

Saat ini, total perdagangan Indonesia-Hongaria pada 2014 adalah 149,29 juta dollar AS, dengan nilai ekspor nonmigas mencapai 86,87 juta dollar AS, dan mengalami surplus sebesar 24,44 juta dollar.

"Kami optimis sampai akhir tahun 2015 nanti, total nilai ekspor nonmigas ke Hongaria dapat mencapai target yang ditetapkan, yaitu sebesar 132 juta dollar AS atau naik sekitar 50 persen,” ujar Wening.

Menurutnya, selain sebagai ajang promosi produk Indonesia, IDCB juga diharapkan mampu mempererat hubungan bilateral dan kepedulian antara Indonesia dan Hongaria.

Pernyataan senada juga disampaikan Kepala ITPC Hikmat Rijadi, yang mengatakan Kegiatan promosi seperti ini diharapkan mampu membuat produk-produk Indonesia makin dikenal di Hongaria sekaligus dapat meningkatkan volume ekspor nonmigas Indonesia ke Hongaria.

"Kontrak dagang senilai 1,4 juta dollar AS dilakukan antara perusahaan Indo Tati dengan Central Impex Hongaria untuk ekspor produk kopi ke Hongaria," kata Hikmat.

Lebih dari 20 pengusaha Indonesia dan Hongaria berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan menampilkan berbagai jenis produk, antara lain perhiasan, kerajinan tangan, batik, fesyen, furnitur, coconut products, SPA and wellness products, alas kaki, hammocks, dan produk kuliner khas Indonesia.

Diperkirakan lebih dari 2000 pengunjung hadir dalam tersebut dan mampu mengumpulkan donasi sebesar HUF 1 juta atau setara Rp50 juta, di mana dana langsung diberikan ke Kebun Binatang Nyireghaza (Sosto Zoo) Hongaria.

IDCB dimeriahkan peragaan busana yang dimotori oleh perancang busana ternama Poppy Karim, penampilan seni dan budaya oleh Tim Kesenian Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, serta penampilan seni membatik oleh Marta Kiss.

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh alumni beasiswa Darmasiswa Indonesia yang kini menekuni profesi sebagai pembatik di Budapest, serta penampilan gamelan oleh Surya Kencana yang dimainkan oleh 10 warga Hongaria yang merupakan alumni beasiswa Darmasiswa Indonesia.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015