Carlos Tevez pemain yang gemilang. Penampilannya apik selama musim ini, bahkan ia mampu mencetak gol-gol yang penting selama Liga Champions berlangsung
Madrid (ANTARA News) - Jika Juventus mengandalkan Carlos Tevez, jika Real Madrid mengandalkan Javier Hernandez, maka kedua pemain itu baku hadap untuk baku laga, sementara Cristiano Ronaldo menanti untuk menjebol gawang lawan demi meraih kemenangan.

Itu salah satu skenario yang dirancang sementara hitung-hitungan sepak bola tidak jarang ditentukan oleh ayunan tongkat dari dewi Fortuna.

Real Madrid akan berhadapan dengan Juventus dalam semifinal Liga Champions yang digelar di Estadio Santiago Bernabeu, Madrid pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh SCTV.

El Real berada di atas angin. Ronaldo dan kawan-kawan mengemas rekor kemilau di kancah liga domestik dengan mengoleksi 107 gol setelah melakoni 36 partai. Hanya saja, laskar Carlo Ancelotti itu menelan kekalahan 1-2 dari Juventus dalam laga leg pertama. Situasi ini mencerminkan pasang surut kehidupan, ada waktu menanam, ada waktu memanen.

Di mata sejumlah pengamat bola Spanyol, Tevez besar kemungkinan berperan sentral dalam pertarungan ini. Striker berpaspor Meksiko itu kerapkali membawa Juventus keluar dari krisis sebagaimana dia tunjukkan dalam dua musim terakhir.

Sulit memungkiri bahwa Tevez berperan krusial ketika Bianconeri tampil di leg pertama. Tidak mustahil bahwa jaring gawang Madrid bakal tergetar dengan bola yang dilesakkan oleh pemain itu.

Ronaldo dan Bale bakal dihadang Lichtsteiner dan Evra. Persaiangan ini memegang peran bermakna, mengingat para ful-bek Juventus tampil kompak menjaga pertahanan dari manuver pemain depan lawan. Hanya saja kecepatan dan kekuatan Ronaldo dan Bale besar kemungkinan merepotkan juara Serie A itu.

Kalau saja penampilan Lichtsteiner dan Evra moncer sebagaimana laga leg pertama, maka Juventus boleh mengembangkan sayap harapan.

Baik Real Madrid dan Juventus mencatatkan diri sebagai tim terbaik di dunia dalam melakukan transisi. Kesalahan sekecil apapun di lini pertahanan bakal dibayar mahal.

Rivalitas juga melibatkan Iker Casillas versus Gianluigi Buffon di bawah mistar gawang masing-masing tim. Dua kiper sarat pengalaman itu memiliki andil tidak kecil sebagai benteng terakhir tim.

Tim mana yang bakal menang dalam duel di Santiago Bernabeu nanti? Juventus boleh jadi melapis pertahanan demikian rapat, sementara Madrid menggelontorkan serangan secara bertubi-tubi.

Komentar dua pelatih:
 
* Carlo Ancelotti (Real Madrid):
"Pertandingan bakal berlangsung ketat meski kami akan berbuat sebaik mungkin. Kami harus bersabar, menanggulangi masalah dan tampil bermain dengan lebih intensif dibandingkan ketika kami berlaga di leg pertama. Juventus sedang berada di atas angin."

"Benzema siap seratus persen tampil dan turun bermain dari awal pertandingan. Peran dia demikian krusial bagi tim meski ia absen sebulan. Hal ini tidak saya khawatirkan. Sergio Ramos bakal menempati posisi sebagai gelandang. Ini baru kemungkinan."

"Fans paham arti laga ini, dengan demikian kami perlu mendapat dukungan sepenuhnya dari mereka. Kami bermimpi dapat tampil di final. Ini  tujuan kami. Kami wajib tampil intensif, dengan penuh fokus."

* Massimiliano Allegri (Juventus):

"Kami tidak akan mengubah skema bertahan. Ini laga yang menarik dan penting, dari sudut penerapan taktik. Skema  kami tidak akan berbeda dari leg pertama. Kami hanya perlu meningkatkan kualitas permainan. Kami harus tampil sebaik mungkin. Hasil imbang bukan tidak mungkin terjadi. Anda tidak hanya menyaksikan laga yang melulu soal cara bertahan. Kami harus terus tampil dengan penguasaan bola yang dominan."

"Paul Pogba siap turun. Ia kemungkinan bermain dari menit awal. Ia pemain penting dan siap menunjukkan kualitas dan kedewasaan dalam penampilan. Carlos Tevez pemain yang gemilang. Penampilannya apik selama musim ini, bahkan ia mampu mencetak gol-gol yang penting selama Liga Champions berlangsung."

"Alvaro Morata berkembang pesat. Ia mengalami cedera sekitar sebulan dan mulai tampil di musim ini dengan menunjukkan kemampuan teknik yang mumpuni. Saya kira penampilannya makin makin baik."

Prakiraan susunan pemain:

* Real Madrid (4-3-3):
Casillas (penjaga gawang), Carvajal, Pepe, Sergio Ramos, Marcello, Isco, Kroos, James, Bale, Benzema, Ronaldo.
Pemain cadangan:
Navas, Coentrao, Arbeloa, Varane, Illaramendi, Chicharito, Jese

* Juventus (4-3-1-2):
Buffon (penjag gawang), Lichsteiner, Bonucci, Chiellini, Evra, Marchisio, Pirlo, Pogba, Vidal, Morata, Tevez
Pemain cadangan:
Storari, Barzagli, Ogbonna, Padoin, Pereyra, Llorente, Matri     
 
Data dan fakta:

* Di kubu Madrid, besar kemungkinan Toni Kroos tidak dipasang. Ancelotti menaruh harapan kepada Karim Benzema di lini depan, meski Luka Modric belum pulih dari cedera.
* Sergio Ramos bakal memperkuat jantung pertahanan Madrid, dengan Pepe dan Varane bakal bersaing.
* Di kubu Juventus, tentu Paul Pogba sudah pulih dari cedera pada pekan ini. Pelatih Allegri melihat bahwa pemain asal Prancis sudah fit.
* Juventus digadang-gadang mengubah skema permainan. Ini mencakup posisi yang ditempati Pirlo dan Tevez.    
* Asamoah dan Caceres belum bisa tampil, karena itu skuat berjuluk si Nyonya Tua diyakini tampil dengan kekuatan penuh.
* Rataan gol Real Madrid mencapai 2,5 gol dalam 4 laga terakhir melawan Juventus di semua kompetisi.
* Juventus tidak terkalahkan dari delapan laga terakhir di ajang Liga Champions mencakup babak penyisihan.
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Real Madrid: D L W W W

9/5/15  Real Madrid 2 - 2 Valencia
5/5/15 Juventus 2 - 1 Real Madrid
2/5/15 Sevilla 2 - 3 Real Madrid
29/4/15 Real Madrid 3 - 0 Almería
26/4/15 Celta de Vigo 2 - 4 Real Madrid

* Juventus: D W W W L

9/5/15 Juventus 1 - 1 Cagliari
5/5/15 Juventus 2 - 1 Real Madrid
2/5/15 Sampdoria 0 - 1 Juventus
29/4/15 Juventus 3 - 2 Fiorentina
26/4/15 Torino 2 - 1 Juventus

* Head To Head:
 
5/5/15  Juventus 2 - 1 Real Madrid
5/11/13 Juventus 2 - 2 Real Madrid
23/10/13 Real Madrid 2 - 1 Juventus
31/7/09  Real Madrid 1 - 2 Juventus
5/11/08  Real Madrid 0 - 2 Juventus

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Real Madrid 1 - 1 Juventus (13 persen)
* Real Madrid 2 - 0 Juventus (13 persen)
* Real Madrid 3 - 1 Juventus (10 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Real Madrid: 3
* Juventus: 1

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015