Kami hadir bukan sebagai klub tetapi sebagai pemegang saham Semen Padang FC sehingga tadi memang belum ada surat resminya ke kami,"
Jakarta (ANTARA News) - Manajemen Semen Padang FC menunggu surat resmi terkait pembentukan turnamen pramusim oleh PT Liga Indonesia untuk mengisi kekosongan saat kompetisi ISL dihentikan sejak 2 Mei lalu.

"Kami hadir bukan sebagai klub tetapi sebagai pemegang saham Semen Padang FC sehingga tadi memang belum ada surat resminya ke kami," kata Direktur Teknis Semen Padang FC Asdian setelah menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga Indonesia bersama dengan seluruh perwakilan klub di Jakarta, Rabu.

Menurut Asdian, dibentuknya turnamen pramusim tersebut sangat menguntungkan untuk menjaga kondisi para pemain klub berjuluk "Kabau Sirah" tersebut.

"Adanya turnamen ini cukup bagus karena kalau kosong kasihan pemain dan juga suporter. Di Padang, kalau tidak ada pertandingan sepak bola, tidak ramai," kata Asdian.

Selain itu, kata di, para pemain Semen Padang FC hingga saat ini masih menjalani latihan seperti biasa.

"Kami tidak ada masalah, tetap latihan. Saya berharap turnamen ini benar-benar dilaksanakan," tuturnya.

PT Liga Indonesia akan menyelenggarakan turnamen pramusim yang diikuti oleh seluruh klub peserta ISL untuk mengisi kekosongan saat kompetisi ISL dihentikan.

"RUPS menyetujui diadakannya turnamen pre season periode Mei sampai Agustus (2015)," kata Pucuk Pimpinan Manajemen PT Liga Indonesia Joko Driyono.

Format turnamen tersebut, lanjut Joko, ke-18 klub akan terbagi dalam tiga grup yang diisi oleh tim berdasarkan pendekatan geografis.

"Yang formatnya 18 klub dibagi dalam tiga grup, masing-masing isinya enam klub dan akan bermain home and away," kata Joko.

Pada masing-masing grup, PT Liga menentukan tiga klub akan terbagi dalam tiga grup yang berbeda, yakni Persib Bandung, Arema Malang, dan Persipura Jayapura.

Sedangkan masing-masing lima klub lain yang akan mengisi tiap grup akan ditentukan dengan pendekatan geografis wilayah Indonesia.

Selain itu, kata Joko, penyelenggaraan turnamen dilaksanakan untuk menyelamatkan perekonomian setiap klub serta para pemain agar bisa berkembang dan memperooleh pendapatan dari kompetisi tersebut.

Sementara nama, jadwal, serta kontrak tayangan televisi untuk turnamen pramusim tersebut masih dibicarakan dalam beberapa pekan ke depan.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015