London (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di London, Selasa, untuk melakukan pertemuan dengan Prince Andrew dan menghadiri sejumlah pertemuan bisnis dengan sejumlah pengusaha kakao.

Wapres Kalla tiba bersama Ibu Mufidah dan rombongan sejumlah kepala daerah yang memiliki lahan perkebunan kakao besar di Tanah Air.

Beberapa kepala daerah itu adalah Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam bin Isrudin, Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh, Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim.

"Indonesia ini adalah wilayah yang strategis untuk penanaman kebun kakao dan kita memiliki potensi untuk mengembangkan bisnis di bidang ini. Di Sulawesi Selatan saja perkebunan kakao ada 75 persen, paling besar," kata Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Dengan jumlah konsumen cokelat, yang merupakan produk olahan kakao, terbesar di Eropa, maka Indonesia memiliki pasar bagus untuk mengembangkan industri kakao.

"Apalagi dengan program gerakan nasional yang sudah dicanangkan itu, kita menanam kakao hampir 8juta ton per tahun," jelas Limpo.

Berdasarkan jadwal, Wapres akan bertemu dengan perusahaan Olam, Jardines, Bank Standard Chartered serta menghadiri Konferensi Federasi Perdagangan Cokelat (Federation of Cocoa Commerce).

Wapres juga dijadwalkan menghadiri Paviliun Indonesia di Festival Asia di London.

Sebelumnya, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengatakan kedatangan Wapres Kalla ke London salah satunya untuk menjadi pembicara dalam FCC Dinner.

Malik berharap Wapres dapat melakukan pertemuan dengan pelaku bisnis terkemuka di negara kerajaan tersebut.

"Kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat di negara kami akan potensi yang dimiliki Indonesia," kata Malik.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015