Jakarta (ANTARA News) - Salah satu batu uji yang bakal dihadapi Partai Demokrat (PD) adalah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2015 untuk membuktikan ketangguhan partai berlambang Mercy itu, kata politisi PD Ir H Mulyadi.

Mulyadi mengatakan hal itu ketika dihubungi pers di sela-sela Kongres Partai Demokrat IV yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Rabu (13/5). Dalam Kongres PD tersebut juga dibahas materi persiapan Pilkada di sejumlah kabupaten/kota dan provinsi.

Salah satu lumbung suara Demokrat adalah Sumatera Barat (Sumbar). Partai Demokrat sendiri tak kekurangan kader potensial untuk dijagokan menjadi Sumbar 1, antara lain Ir H Mulyadi yang kini duduk sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI.

"Kita sedang siapkan semuanya, baik itu secara hukum partai, maupun di luar partai, termasuk konsolidasi dengan para pendukung," katanya.

Mulyadi mengatakan, dirinya siap maju sebagai Calon Gubernur Sumbar bila memang dipercaya partai. Namun yang pasti, calon yang akan diusung Demokrat tentunya kader potensial dan siap bersaing dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar nantinya.

Konsolidasi partai menjelang Pilgub pun terus dilakukan, baik di internal Demokrat sendiri maupun dengan partai-partai politik lainnya.

"Insya Allah Demokrat tidak ada masalah. Tentu Demokrat nanti akan mengusung kadernya yang bisa bersaing dan siap untuk maju," ujar Mulyadi.

Mulyadi sendiri terpilih menjadi wakil rakyat selama dua periode, yakni 2009-2014 dan 2014-2019. Pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2009, perolehan suara Partai Demokrat mencapai 21 juta atau setara 20,8 persen.

Ketika itu, Mulyadi lolos ke Senayan dengan meraih suara 54 ribu di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar II. Pada Pileg 2014, perolehan suara Demokrat melorot tinggal 12,7 juta atau tinggal 10,8 persen.

Namun, Mulyadi justru berhasil menaikkan perolehan suaranya menjadi sekitar 84 ribu suara atau naik lebih dari 50 persen dari Pileg sebelumnya.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015