Makassar (ANTARA News) - Timnas perahu naga dijadwalkan akan langsung menuju Macau untuk mengikuti kejuaraan seusai tampil pada ajang SEA Games 2015 di Singapura.

"Timnas rencananya tidak balik ke Indonesia seusai berlaga di SEA Games namun lanjut untuk mengikuti kejuaraan dragon boat di Makau," jelas Atlet timnas dayung asal Sulsel, Anwar Tarra saat dihubungi dari Makassar, Kamis.

Ajang bertajuk "Macao International Dragon Boat Races 2015", kata peraih 11 medali SEA Games 2013 itu, memang kebetulan hampir bersamaan dengan jadwal pertandingan cabang perahu naga SEA Games Singapura.

Mengenai peluang dirinya bergabung atau dilibatkan dalam ajang tersebut, peraih emas PON 2012 itu belum dapat memastikan. Namun jika mendapat kepercayaan maka dirinya siap mengeluarkan kemampuan terbaiknya pada ajang tersebut.

Anwar Tarra sejauh ini memang selalu diandalkan turun pada nomor kanoing. Namun tidak sedikit dirinya juga diminta bergabung dan memperkuat tim perahu naga di sejumlah kejuaraan.

"Pelatih tentu menilai berdasarkan kebutuhan tim. Fokus saya saat ini memang bagaimana bisa kembali memberikan prestasi bagi timnas di SEA Games Singapura," jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan, timnas dayung Indonesia saat ini kembali melanjutkan latihan usia menjalani pemusatan latihan selama sebulan di Portugal demi menjaga peluang meraih prestasi pada SEA Games di Singapura 2015.

"Kami sudah tiba pekan lalu. Kami juga berharap bisa memanfaatkan waktu tersisa untuk lebih memaksimalkan persiapan. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini memberikan dampak positif di SEA Games," kata atlet yang sudah berstatus PNS tersebut.

Untuk persiapan timnas, kata dia, memang masih memiliki waktu mengingat agenda keberangkatan ke Singapura baru direncanakan paling lambat 1 Juni mendatang.

Terkait pelaksanaan TC selama sebulan di Portugal, kata dia, para atlet terus dimatangkan dalam program latihan yang cukup berat. Agenda mengikuti kejuaraan akhirnya tidak terlaksana karena memang tidak ada jadwal khusus.

"Kami di Portugal memang hanya fokus berlatih. Kami juga tidak mengikuti kejuaraan selama di sana karena memang tidak ada agenda khusus," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015