Jika saya terus bermain maka itu dapat benar-benar mengganggu peluang-peluang saya, bukan hanya untuk Roland Garros namun (juga) untuk Wimbledon."
Roma (ANTARA News) - Juara bertahan Serena Williams dari AS mengundurkan diri dari Italia Terbuka pada Kamis karena cedera siku, sehingga turnamen itu akan berlangsung tanpa kehadiran satu pun dari kedua Williams bersaudara.

Tidak lama setelah saudarinya Venus kalah 2-6, 1-6 dari unggulan kedua asal Romania Simona Halep, unggulan teratas Williams mengumumkan pengunduran dirinya menjelang pertandingan putaran ketiga melawan sesama petenis AS Christina McHale, lapor AFP.

Williams, yang tersingkir di semifinal Madrid Masters pada pekan lalu, mengatakan keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan bahwa tidak mengundurkan diri dapat mengganggu peluangnya di Prancis Terbuka, atau bahkan Wimbledon.

"Ini bukan keputusan mudah, saya berbicara dengan pelatih saya dan ia berkata tidak akan menjadi hal cerdas bagi saya untuk tetap bermain," kata Williams.

"Kami harus membuat keputusan-keputusan tepat untuk masa yang akan datang, bukan hanya untuk sekarang."

"Jika saya terus bermain maka itu dapat benar-benar mengganggu peluang-peluang saya, bukan hanya untuk Roland Garros namun (juga) untuk Wimbledon."

Williams mengatakan cedera sikunya dimulai di Madrid.

"Saya tidak melakukan pukulan-pukulan terbaik saya seperti yang saya inginkan," tambahnya.

"Ketika Anda cedera Anda tidak bermain dengan banyak rasa percaya diri. Sangat penting untuk memilikinya ketika Anda berhadapan dengan petenis manapun."

Ketika ditanyai apakah keputusannya dapat mengganggu peluang-peluangnya di Prancis Terbuka, di mana ia tersingkir di putaran pertama pada tahun lalu setelah berjaya di Roma, Williams menambahi, "Saya pikir tidak demikian. Jika saya terus bermain itu dapat menjadi lebih buruk, dan saya memiliki situasi dingin di tangan saya."

Williams merupakan petenis besar kedua yang mengundurkan diri dari turnamen sebelum fase perempat final.

Pada Kamis pagi petenis peringkat ketiga dunia asal Britania Raya Andy Murray -- yang mengejutkan raja lapangan tanah liat Rafael Nadal dengan kemenangan di Madrid pada pekan lalu -- mengundurkan diri karena kelelahan.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015