Kinshasa (ANTARA News) - Orang-orang bersenjata memperkosa 127 wanita belum lama bulan ini ketika mereka menjarah kota di provinsi bagian timur Republik Kongo, Kivu Selatan, kata para aktivis dokter tanpa batas Medecins Sans Frontieres (MSF) seperti dikutip Reuters.

Sekitar 60 milisi memperkosa perempuan-perempuan itu pada 1 Mei lalu ketika mereka menyerang kota Kikamba di provinis Kivu Selatan, kata MSF namun tidak mengidentifikasi kelompok bersenjata yang bertanggung jawab atas insiden itu.

Ada lusinan kelompok bersenjata di Kongo timur di mana konflik 1998-2003 telah membunuh jutaan orang yang kebanyakan karena kelaparan dan penyakit.

Baik pasukan pemerintah maupun pemberontak dituduh oleh kelompok hak asasi manusia telah menggunakan pemerkosaan sebagai senjata perang.

Pada November, Jenderal Kongo Jerome Kakwavu menjadi perwira paling tinggi yang dituduh melakukan pemerkosaan oleh mahkamah militer di Kongo, sedangkan seorang panglima pemberontak di Kongo timur laut juga menghadapi tuduhan serupa pada 2003-2005.






Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015