Banjarmasin (ANTARA News) - Si "Amang" ditetapkan sebagai maskot Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) IV yang akan berlangsung di Provinsi Kalimantan Selatan, 1-7 Juni 2015.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Muhammad Tambrin, di Banjarmasin, Jumat, pemilihan hewan jenis kera berhidung panjang yang hanya hidup di pulau Berneo ini dipilih tim panitia pusat dan daerah.

"Desain maskot bekantan sudah dibuat dan disetujui, rencananya akan diperkenalkan menjelang pelaksanaan kegiatan," ujarnya.

Dikatakan Tambrin, maskot bekantan ini yang diberi nama "Si Amang" atau dalam bahasa Indonesia "Si Paman" adalah singkatan dari kepanjangan kata, yakni, santri inovatif, aktif, mandiri, andalan negara, dan agama.

"Jadi kostumnya, menggunakan baju kebesaran pramuka warna abu-abu dengan dasi merah putih," bebernya.

Selain itu, ungkap dia, maskot bekantan tersebut akan memakai sarung dari kain khas Kalsel batik sasirangan, ditambahkan dengan memegang sebuh terbang atau gendang.

"Maskot bekantan itu menggambarkan dia sedang bermain kesenian madihin, kesenian tradisi sastra bertutur khas daerah kita," ucapnya.

Menurut Tambrin, kegiatan PPSN IV se-Indonesia 2015 ini dipusatkan di Taman Agro Wisata Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalsel, terus dilakukan persiapan untuk kematangannya, hingga sukses berlangsung pada 1-7 Juni.

Pewarta: Sukarli
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015