Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore bergerak menguat tipis sebesar lima poin menjadi Rp13.060 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp13.065 per dolar AS.

Analis PT Platon Niaga Berjangka, Lukman Leong, di Jakarta, Jumat, mengatakan, mata uang rupiah bergerak menguat seiring neraca perdagangan Indonesia surplus pada periode April 2015.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada April 2015 surplus 454,4 juta dolar AS. Secara kumulatif, neraca perdagangan sepanjang Januari-April mencatatkan surplus 2,77 miliar dolar AS, dengan nilai total ekspor 52,14 miliar dolar AS dan nilai impor 49,36 miliar dolar AS.

"Sentimen neraca perdagangan Indonesia cukup membantu rupiah untuk bergerak stabil dengan kecenderungan menguat," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut dia, laju mata uang rupiah itu bersifat jangka pendek karena ekonomi Indonesia masih dibayangi perlambatan. Apalagi, Amerika Serikat cukup optimistis bahwa ekonominya berada dalam jalur perbaikan.

"Diharapkan, pemerintah lebih agresif dalam mengantisipasi perlambatan ekonomi sehingga rupiah tetap bergerak stabil," katanya.

Sementara itu, Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan bahwa pergerakan rupiah selanjutnya akan ditentukan oleh tiga data ekonomi Amerika Serikat yang akan dipublikasikan pada akhir pekan ini (Jumat, 15/5) waktu setempat.

Ia mengemukakan bahwa data yang akan dirilis Amerika Serikat yakni indeks manufaktur di kawasan New York untuk bulan Mei, data produksi industri bulan April dan data survei sentimen konsumen bulan Mei.

"Tiga data itu umumnya diekspektasikan lebih bagus dari data bulan sebelumnya. Hasil yang lebih bagus dari ekpektasi berpeluang mendorong penguatan dolar AS," katanya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Jumat (15/8) mencatat nilai tukar rupiah bergerak menguat menjadi Rp13.090 dibandingkan hari sebelumnya (13/5) Rp13.188. 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015