London (ANTARA News) - Brendan Rodgers hanya memiliki satu kata untuk menggambarkan kaptennya Steven Gerrard menjelang apa yang telah dijanjikan sebagai acara perpisahan yang emosional di Anfield -- "Liverpool".

Gerrard akan memberikan gelombang ucapan selamat tinggal kepada fans Liverpool di pertandingan kandang terakhirnya melawan Crystal Palace pada hari Sabtu setelah selama 17 tahun ia berkiprah, dikemas dengan karir-yang definisikan sebagai saat-saat sebagai individu pahlawan.

Dengan peran sebagai gelandang yang keluar dari klub pada akhir musim untuk swansong di liga utama sepak bola, Rodgers menilai dampak dari pemain, yang kesetiaannya diuji dalam sejumlah kesempatan, tetapi selalu tetap setia dengan klub semasa mudanya.

"Saya sudah meminta sejumlah orang dan saya sudah meminta banyak dari staf saya jika mereka bisa menggambarkan Steven dalam satu kata, apa itu," kata Rodgers kepada wartawan, Jumat.

"(Saya mendengar) semua kata yang telah didengar sebelumnya - kata-kata yang muncul dalam pikiran secara genuine, kualitas dan berkelas dunia. Semua kata sifat anda menggambarkannya.

"Tapi bagi saya, kata yang tepat untuk menggambarkan dia adalah Liverpool. Bukan hanya Liverpool sebagai klub sepak bola atau Liverpool dan pendukung, tapi kota Liverpool ...

"Apa yang telah ia berikan kepada kota ini, politisi tidak memberikan kepada kota ini. Rumah sakit lokal, badan amal, semua pekerjaan yang dia lakukan, itu tak terdeteksi.

"Dia adalah simbol yang indah bagi orang-orang di sini dan luar biasa, ikon yang luar biasa dari klub."

Status Gerrard sebagai salah satu talenta klub paling ikonik akan aman terjamin setelah karirnya bakal diingat dengan kemampuannya membawa permainan terbaiknya ke tahap terbesar, sering membawa Liverpool ke papan atas dengan tindakan dan kemauannya.

Penampilannya di final Liga Champions 2005 ketika ia memimpin Liverpool memukul balik AC Milan dengan 3-0 untuk mengklaim trofi akan dikenang sebagai salah satu kinerja individu terbesar dalam sejarah klub.

Dengan skuad Liverpool saat ini yang mungkin kekurangan pemain bertubuh tinggi, Rodgers mengakui bahwa kehadirannya akan sangat dirindukan.

"Saya akan merindukan Steven Gerrard sebagai manusia. Saya pikir kepentingan kita adalah murni ditujukan untuk Liverpool Football Club," katanya dilansir Reuters.

(Uu.D011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015