Dubai (ANTARA News) - Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan negaranya akan melindungi kaum tertindas di Timur Tengah seperti Yaman dan Palestina.

"Yaman, Bahrain, dan Palestina adalah kaum tertindas, dan kami akan melindungi mereka dengan cara apa pun yang kami mampu lakukan," kata  Ayatollah Ali Khamenei sebagaimana dikutip kantor berita IRNA.

Khamenei menyampaikan hal itu saat berpidato di depan tokoh-tokoh Iran dan diplomat negara-negara Islam.

Pernyataan Khamenei diperkirakan akan dianggap oleh pemimpin negara-negara Arab Teluk sebagai bukti Iran tengah agresif memperluas pengaruh di Timur Tengah.

Perseteruan antara Iran dengan negara-negara Teluk, khususnya Arab Saudi, saat ini telah menembah nuansa sektarian dalam sejumlah konflik di kawasan ini, terutama Yaman.

Di negara itu, koalisi negara-negara Sunni Arab pimpinan Saudi membombardir Syiah Houthi dukungan Iran dengan serangan pesawat udara.

"Keamanan di Teluk Persia adalah kepentingan semua pihak. Jika kawasan itu tidak aman, maka semua pihak akan merasakan ketidakamanan itu," kata Khamenei sebagaimana dikutip IRNA.

(G005)


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015