Roma (ANTARA News) - Paus Fransiskus bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Sabtu, dan menyebut Abbas "malaikat perdamaian", beberapa hari setelah Vatikan mengumumkan pakta yang meresmikan pengakuan Tahta Sucio kepada Negara Palestina.

Kedua tokoh bertemu sekitar 20 menit di Vatikan dan akan bertemu lagi Minggu pada seremoni pengukuhan dua santa Palestina.

Rabu lalu, Vatikan mengumumkan akan segera menandatangani kesepakatan dengan Negara Palestina dalam berbagai isu termasuk status Gereja Katolik di Palestina.

Itu adalah pakta bilateral resmi pertama antara dua negara dan memastikan pengakuan de facto Tahta Suci terhadap Negara Palestina semenjak mendapatkan status negara pengamat non anggota di PBB pada 2012.

Dalam pernyataannya, Vatikan mengatakan Paus Fransiskus dan Abbas telah berbicara mengenai proses perdamaian dengan Israel dan telah mengungkapkan harapan bahwa kontak langsung antara Israel dan Palestina dapat segera dilakukan.

Paus Fransiskus memberi Abbas sebuah medali yang merepresentasikan malaikat perdamaian, dan berkata kepada pemimpin Palestina bahwa dia menganggapnya sebagai seorang malaikat perdamaian.

Keduanya akan bertemu lagi Minggu pada seremoni di Lapangan Saint Peter untuk kanonisasi Marie Alphonsine Ghattas, pendiri jemaat Katolik pertama di Palestina, dan Mariam Baouardy Haddad, yang mendirikan biara Carmelite di Bethlehem, demikian Reuters.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015