Dongguan, Tiongkok (ANTARA News) - Tim Jepang melangkah ke babak final Piala Sudirman 2015 setelah mengalahkan Korea selatan 3-2 di Dongguan, Minggu.

Dengan hasil kemenangan itu maka Korsel akan bertemu tuan rumah Tiongkok yang sudah lebih dulu maju ke final setelah mengalahkan Indonesia 3-1 pada pertandingan semifinal, Sabtu.

Pertandingan semifinal antara Jepang melawan Korsel berlangsung sangat ketat dan harus menunggu hingga partai akhir di nomor ganda campuran untuk memastikan siapa yang menang.

Jepang memastikan melangkah ke final setelah pasangan ganda campuran mereka Kenta Kazuno/Ayane Kurihara mengalahkan pasangan Korsel Kim Ha Na/Ko Sung Hyun dengan skor 21-14, 21-15.

Dalam pertandingan itu, Korsel unggul lebih dulu lewat pasangan ganda putra Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong yang mengalahkan Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata dengan 21-18, 21-16.

Namun kemudian tunggal putri Jepang membalas untuk menyamakan kedudukan lewat Nozomi Okuhara yang menang atas Sung Ji Hyun dengan skor 11-21, 21-17, 21-14.

Korsel kembali unggul setelah tunggal putra mereka Son Wan Ho menang atas Takuma Ueda dengan 21-9 22-20.

Kembali Jepang yang tampil ngotot menyamakan kedudukan lewat ganda putri Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi yang mengalahkan pasangan Korsel Zhang Ye Na/Jung Kyung Eun dengan 21-17-21-8.

Dan setelah itu ganda campuran Jepang memastikan kemenangan Jepang atas Korsel untuk melangkah ke final.

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015