Jakarta (ANTARA News) - Menurut sebuah laporan dari luar Tiongkok, Huawei, sedang mengembangkan sistem operasi sendiri bernama Kirin yang akan mengurangi ketergantungan terhadap Android.

Rumor ini muncul saat Huawei kemungkinan akan membuat pergerakan ke pasar barat Amerika Serikat. Perusahaan ini dikabarkan akan memproduksi satu hingga dua smartphone Nexus terbaru.

Huawei telah menggunakan chip Kirin untuk beberapa produknya. Sejumlah sumber menyebutkan, perusahaan ini telah bekerja selama tiga tahun dengan sistem operasi tersebut.

Laporan lain terkait kabar tentang smartphone Nexus yang diproduksi oleh Huawei itu menyebutkan, perangkat tersebut akan muncul setelah kelahiran Huawei Mate 8 dan akan diluncurkan pada musim gugur mendatang.

PhoneArena mewartakan, ponsel tersebut akan hadir dengan kualitas premium bermaterial logam dan kaca dengan layar 5,7 inci beresolusi 1440 x 2560. Prosesornya disebut-sebut akan mengunakan 64-bit octa-core Kirin 930.

Selain itu, pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini, Huawei juga akan meluncurkan chipset Kirin 940 SoC and Kirin 950 SoC, yang mampu mendukung penggunaan RAM LPDDR4.

Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015