Jakarta (ANTARA News) - Perayaan Hari Museum Internasional di Museum Nasional hari ini terasa semarak dengan hadirnya "ranting harapan" yang diletakkan di pelataran halaman museum.

Ranting harapan tak lain merupakan sebuah bentuk pohon yang kering, kurus dan botak. Pada ranting itu, pengunjung museum bisa menuliskan harapan, kritik atau saran demi kemajuan Museum Nasional di secarik kertas berwarna hijau.

"Semoga Museum Nasional semakin ramai. Perbanyak kegiatan," tulis Deni, salah seorang pengujung museum asal Pasar Baru, Jakarta.

Selain Deni, ada pula Arlin. Dalam secarik kertas, dia mengungkapkan harapannya agar Museum Nasional menjadi hits.

"Semoga Museum Nasional semakin hits, eksis terus," tulis Arlin.  

Pihak Museum Nasional mengatakan, ranting harapan ini akan tetap terpanjang di pelataran halaman museum hingga 25 Mei mendatang.

Sebelumnya, perayaan Hari Museum Internasional di Museum Nasional  dibuka dengan acara jalan sehat sekitar pukul 07.00, yang mengambil rute Museum Nasional-Bundaran HI-Museum Nasional.  

"Kegiatan hari ini diikuti sekitar 1600 peserta. Target awalnya 1000 peserta,  ternyata melebihi target. Mudah-mudahan setelah ini mereka mau datang ke museum," ujar Kepala Museum Nasional, Dra. Intan Mardiana, M.Hum, di Jakarta, Minggu.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015