Kotabaru (Antara) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, memprioritaskan pendistribusian soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tingkat sekolah dasar ke kepulauan terpencil.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru, Joni Anwar didampingi Kasi Kurikulum Zulfadmi di Kotabaru, Minggu, mengatakan, sekolah di pulau terpencil mendapatkan prioritas utama dalam distribusi soal UASBN tingkat SD.

"Seperti halnya lima SD di Kecamatan Pulau Sembilan, pendistribusian soal UN dengan menggunakan kapal perintis," katanya.

Karena, lanjut Zulfadmi, kondisi laut saat ini terjadi gelombang tinggi sehingga satu-satunya alat transportasi yang lebih aman ke pulau-pulau di Kecamatan Pulau Sembilan.

Dia menjelaskan, UN SD kali ini diikuti 6.125 siswa-siswi, dari sekitar 262 SD/SDLB/MI di Kabupaten Kotabaru.

Dalam pendistribusian soal ke 262 sekolah tersebut dibantu 39 gugus yang tersebar di 21 kecamatan di Kotabaru.

Dia mengemukakan, UN SD yang dilaksanakan mulai 18-20 Mei, hari pertama atau Senin (18/5) dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Selasa (19/5) Matematika dan Rabu (20/5) Ilmu Pengetahuan Alam.

Dia memastikan hingga saat ini pendistribusian soal UN SD sudah selesai dilaksanakan oleh 39 gugus ke 254 SD dan Sekolah dasar Luar Biasa (SDLB), delapan Madrasah Ibtidaiyah (MI).

"Distribusi dikawal anggota Polsek masing-masing kecamatan, dan tidak ada masalah selama dalam pendistribusian soal UN," ujarnya.

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015