Milan (ANTARA News) - Kekalahan 0-1 dari tamunya Palermo membuat Cagliari terdegradasi dari Serie A pada Minggu, ketika Genoa dan Torino mendapatkan kemenangan berharga untuk memelihara harapan mereka menembus Liga Europa.

Dengan Juventus yang telah dimahkotai gelar juara dua pekan silam dan pertarungan untuk memperebutkan zona Liga Champions berlangsung antara Lazio dan AS Roma, pertandingan-pertandingan yang dimainkan pada Minggu sore memberikan peruntungan yang bermacam-macam bagi klub peserta Liga Italia.

Kekalahan kandang 1-2 dari Juventus pada Sabtu menipiskan peluang Inter Milan untuk berpartisipasi di Liga Europa, dan pasukan Roberto Mancini tetap menghuni peringkat kedelapan, yang sekarang tertinggal tiga angka dari tim peringkat keenam yang menduduki spot ketiga dan terakhir untuk kualifikasi Liga Europa.

Menyeberangi kota, rasa cemas yang menghantui menghapus peluang tim Milan lainnya untuk tampil di Eropa musim depan.

Trigol dari penyerang Sassuolo Domenico Berardi saat timnya menang 3-2 atas AC Milan mengakhiri harapan juara Eropa tujuh kali itu untuk mengikuti kualifikasi Eropa.

Namun Milan bukan satu-satunya tim yang menelan kekecewaan.

Cagliari memulai hari dengan mengetahui bahwa apapun selain kemenangan akan menjadi fatal bagi mereka, dan tim Sardinia itu tertinggal satu gol pada menit kesembilan ketika Franco Vazquez mengemas gol untuk tim Sisilia, yang mampu mempertahankan keunggulan 1-0 mereka untuk naik ke peringkat kesepuluh.

Cagliari kini bergabung dengan Cesena dan Parma di Serie B sehari setelah Frosinone, klub yang bermarkas 50 kilometer dari Roma, bergabung dengan Carpi untuk mengamankan satu dari tiga spot promosi ke kompetisi tertinggi Italia.

Di antara tim-tim pemenang yang meraih keuntungan besar pada Minggu ini adalah Genoa dan Torino, yang keduanya masih berpeluang mendapatkan tiket ke Liga Europa meski kans Torino terlihat lebih kecil.

Tuan rumah Atalanta membuka keunggulan pada menit ke-18 dari penalti ke gawang Genoa berkat eksekusi Pinilla, namun klub yang bermarkas di Bergamo itu dikejutkan oleh empat gol beruntun dari tim tamu termasuk sepasang gol dari Iago Falque.

Kemenangan 4-1 yang diraih Genoa mengangkat mereka ke peringkat kelima, unggul satu angka atas Fiorentina, dan mendorong rival sekotanya Sampdoria ke posisi ketujuh dan terlempar dari persaingan memperebutkan tiket Liga Europa.

Sepasang gol dari Maxi Lopez membawa Torino menang 2-0 atas tamunya Chievo, yang membuat Granata menduduki peringkat kesembilan namun sekarang tertinggal empat angka dari Fiorentina.

Jika Fiorentina tergelincir saat melawan Parma pada Senin, Sampdoria, Inter, dan Torino -- yang masing-masing tim hanya terpisah tiga angka -- akan melihat peluang Eropa membesar.

Roma menjamu Udinese pada pertandingan Minggu malam, di mana mereka bertekad merestorasi keunggulan satu angka mereka atas Lazio, ketika kedua tim sekota itu bertarung untuk memperebutkan satu tiket otomatis ke Liga Champions.

Napoli, yang menghuni peringkat keempat dengan tertinggal empat angka dari Roma, akan menjamu Cesena pada Senin, sambil mengincar kemenangan yang akan membuat mereka mengamankan tiket Liga Europa serta memelihara harapan mereka untuk mengejar Roma dalam dua pertandingan tersisa, demikian AFP.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015