London (ANTARA News) - Manchester City memastikan mereka lolos langsung ke fase grup Liga Champions musim depan pada Minggu, ketika Arsenal menjaga asa untuk finis di tiga besar.

City menang 4-2 di markas Swansea sebelum tim peringkat ketiga Arsenal unggul dua angka atas Manchester United, setelah bangkit dari ketinggalan untuk meraih hasil imbang 1-1 di Old Trafford.

Sepakan voli Ander Herrera membawa United, yang menghuni peringkat keempat di klasemen, unggul pada menit ke-30.

Namun The Gunners mampu menyamakan kedudukan delapan menit sebelum pertandingan usai, ketika sepakan Theo Walcott mengenai bek Tyler Blackett dan, dengan David de Gea yang harus keluar karena cedera, bola mengecoh kiper cadangan Victor Valdes, yang melakukan debutnya untuk United.

Hanya tiga tim teratas di Inggris pada akhir musim -- yang termasuk sang juara Chelsea dan City -- yang dijamin mendapatkan tempat di fase grup kompetisi klub sepak bola elit Eropa, di mana tim peringkat keempat Liga Utama Inggris harus menjalani fase kualifikasi.

United kini harus berharap Arsenal melakukan kesalahan.

The Gunners, yang memiliki selisih gol lebih baik, dapat mendulang empat angka dari dua pertandingan tersisanya, menjamu Sunderland dan West Bromwich Albion pada Rabu dan Minggu, sedangkan hanya ada tiga angka yang dapat diraih United ketika mereka melawat ke markas Hull pada hari terakhir kompetisi musim ini akhir pekan mendatang.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, tiga gol tercipta sebelum turun minum di Stadion Liberty.

Yaya Toure, yang mendapat bola dari kesalahan kiper Swansea Lukasz Fabianski, dan James Milner membawa Manchester City unggul 2-0 sebelum Gylfi Sigurdsson memperkecil ketertinggalan untuk Swansea menjelang turun minum.

Penyerang Prancis Bafetimbi Gomis menyamakan kedudukan untuk The Swans pada pertengahan babak kedua sebelum Toure, dengan Fabianski yang telah berada pada posisi yang salah, mengubah skor menjadi 3-2 untuk keunggulan City melalui tembakan dari tepi kotak penalti.

Mantan penyerang Swansea Wilfried Bony melengkapi kemenangan timnya menjelang pertandingan usai, melalui gol keduanya sejak ia didatangkan pada bursa transfer pertengahan musim.

Sebelum Bony mengamankan kemenangan City, juara Liga Utama Inggris musim lalu ini harus berterima kasih kepada kiper Joe Hart yang melakukan sejumlah penyelamatan penting.

"Kami tidak menjawab siapapun yang memisahkan satu sama lain, para penggemar dan manajemen," kata pemain internasional Inggris Hart kepada Sky Sports.

"Setelah kekalahan dari (Manchester) United, kami menciptakan tujuan kedua kami, kami meraih lima kemenangan dan kami akan berusaha menang untuk pertandingan terakhir melawan Southampton."

Kepercayaan Pellegrini terhadap Toure

Masa depan Toure di City -- yang dipicu berbagai komentar provokatif dari agennya -- telah menjadi subyek spekulasi panas, di mana banyak pengamat merasa ia tidak tampil sebaik ketika klub memenangi gelar Inggris musim lalu.

Namun pelatih City Manuel Pellegrini mengatakan dirinya tidak pernah kehilangan kepercayaan terhadap gelandang Pantai Gading berusia 32 tahun itu.

"Saya tidak memiliki keraguan apapun tentang Yaya," tegas sang pelatih. "Mungkin media memulai dengan dia setelah ulang tahunnya. Setelah itu ia pergi ke Piala Afrika dan kami tidak menjadi juara (Liga Utama Inggris)."

"Mungkin pemain yang penting mendapat lebih banyak kritik, namun saya tidak pernah ragu."

Meski kalah, Swansea akan mengakhiri musim dengan menduduki peringkat kedelapan dan pelatih Gary Monk berkata, "Saya kecewa dengan hasilnya namun sekali lagi terlihat jelas karakter dan komitmen para pemain."

"Saya pikir kami bisa mendapatkan sesuatu dari pertandingan ini namun itu tidak terwujud." Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015