Los Angeles (ANTARA News) - "Pitch Perfect 2" menduduki posisi pertama di tangga film mingguan box office Amerika Utara dengan pendapatan penjualan 70,3 juta dolar AS pada debutnya, unggul dalam kompetisi sengit dengan "Mad Max: Fury Road."

Sekuel acapella produksi Universal itu meraup lebih banyak hasil penjualan tiket pada akhir pekan penayangan perdananya daripada "Pitch Perfect" yang hanya memperoleh 65 juta dolar AS pada kurun yang sama.

"Orang-orang menyukai film pertama dan itu bergaung baik sehingga bisa melampaui 65 juta dolar AS dari film pertama," kata Nick Carpou, kepala distribusi domestik Universal.

"Ini hak kekayaan intelektual asli kami dan untuk bisa membangunnya pada film pertama dan memperluas popularitasnya itu cukup hebat," katanya.

"Pitch Perfect 2", yang dibuat dengan biaya produksi 29 juta dolar AS, membawa kembali bintang-bintang pada film pertama seperti Anna Kendrick dan Rebel Wilson bersama pendatang baru Hailee Steinfeld.

Film itu menandai debut penyutradaraan film drama Elizabeth Banks dan film karya sutradara perempuan dengan pendapatan perdana terbesar kedua setelah film garapan Sam Taylor Johnson "Fifty Shades of Grey" yang meraup 85,2 juta dolar AS pada penayangan perdana musim dingin lalu.

"Mad Max: Fury Road" juga membukukan angka besar, menempati peringkat dua dengan mengumpulkan 44,4 juta dolar AS dari 3.702 tempat.

Film Warner Bros. itu mendapat untung dari ulasan para kritikus yang menggunakan kata-kata seperti "genius" dan "mahakarya."

"Ini film di mana ada banyak tepuk tangan pada akhir film," kata Dan Fellman, kepala distribusi domestik Warner Bros.

"Banyak orang yang menonton film murni karena ulasan," tambah dia seperti dilansir kantor berita Reuters.

"Mad Max: Fury Road", bagian dari waralaba yang tiga dekade lalu dibintangi oleh Mel Gibson dan kini perannya digantikan oleh Tom Hardy, dibuat dengan biaya 150 juta dolar AS.

Sekuel "Avengers: Age of Ultron" tergeser dari posisi puncak box office.  Film Marvel dan Disney itu harus puas duduk di peringkat tiga dan pendapatan akhir 38,8 juta dolar AS, yang menambah pendapatan domestiknya menjadi 372 juta dolar AS.

Melengkapi daftar lima besar ada film komedi "Hot Pursuit" di peringkat empat dengan perolehan 5,8 juta dolar AS dan "Furious 7" yang mengumpulkan 3,6 juta dolar AS di posisi kelima.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015