Lagos (ANTARA News) - Pihak militer Nigeria menyatakan telah berhasil menghancurkan 10 kamp kelompok garis keras Boko Haram di wilayah pedesaan timur laut negara tersebut pada Minggu waktu setempat.

Menurut ketarangan pasukan pemerintah, gerilyawan Boko Haram kini semakin terdesak.

Pihak militer mengaku berhasil menewaskan banyak anggota Boko Haram di wilayah hutan Sambisa dan merebut sejumlah kendaraan bersenjata serta beberapa pemusnah pesawat tempur.

Satu orang tentara dari kubu pemerintah dikabarkan tewas akibat ledakan ranjau darat.

Selama enam tahun pemberontakan Boko Haram di Niegeria, ribuan orang telah tewas dan jutaan lainnya terpaksa mengungsi. Pada masa kejayaannya, kelompok tersebut berhasil menguasai wilayah seluas negara Belgia.

Negara-negara tetangga seperti Chad, Niger, dan Kamerun pun membantu upaya Nigeria dalam memberangus kelompok tersebut.

Pasukan pemerintah kini berhasil merebut kembali wilayah yang sebelumnya dikuasai oleh Boko Haram dan medesak para gerilyawan melarikan diri ke hutan Sambisa.

Namun Boko Haram, yang secara harfiah berarti "pendidikan Barat adalah haram" dalam bahasa Hausa, hingga kini belum menyerah. Sepanjang pekan lalu, mereka telah dua kali melancarkan serangan ke ibu kota Maiduguri.

"Angkatan udara Nigeria kini terus melakukan pengintaian untuk melacak pergerakan kelompok teroris (Boko Haram) agar dapat diambil tindakan yang tepat dalam operasi serangan selanjutnya," kata juru bicara militer Chris Olukolade dalam pernyataan tertulis.

Hingga kini Boko Haram belum menyampaikan komentar tanggapan yang biasanya diunggah ke internet dalam bentuk pernyataan tertulis dan video, demikian seperti dikutip dari Reuters.

(Uu.G005)



(UU.G005/B/G005/B/E012) 18-05-2015 13:02:59

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015