Jakarta (ANTARA News) - Xiaomi Mi 4i resmi diluncurkan di Indonesia setelah diluncurkan secara global di New Delhi, India, pertengahan April.

"Mi 4i akhirnya datang ke Indonesia, kalian mau lihat?" kata Vice President Xiaomi Global, Hugo Barra dalam peluncuran Mi 4i di Jakarta, Selasa.

Meski hadir dengan harga terjangkau, ponsel pintar berlayar lebar itu dikatakan sebagai flagship atau unggulan karena tetap mempertahankan spesifikasi tinggi di kelasnya.

Di segi disain, Xiaomi Mi 4i menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan lima warna: biru, pink, kuning, hitam dan putih.

Dilengkapi dengan anti-grease, bodi belakang perangkat bisa langsung dilap jika terkena noda, jika noda tak bisa hilang juga, pengguna bisa menggosoknya dengan penghapus.

Xiaomi Mi 4i hadir dengan layar sentuh berukuran 5 inci, tebal 78 milimeter, dan berat 130 gram. 

Dibandingkan iPhone 6, Xiaomi diklaim lebih pas di tangan karena memiliki layar 10 persen lebih lebar dibandingkan iPhone yang 4,7 inci. Mi 4i juga tercatat tujuh persen lebih tinggi ukurannya dibanding iPhone 6.

Xiaomi Mi 4i diklaim memiliki daya tahan baterai paling tangguh di kelasnya yakni 3120 mAH atau setara dengan 1,5 hari penggunaan reguler.

Penggunaan daya baterai yang besar itu diklaim tak akan mengurangi kecepatan kerja ponsel karena perangkat telah didukung teknologi yang canggih salah satunya adalah kemampuan isi ulang baterai yang cepat.

Fitur Quick Charge disebut bisa mengisi 40 persen daya dalam satu jam dan 100 persen hanya tiga jam.

Penampilan layar Xiaomi Mi 4i mendukung resolusi Full HD 1.920 x 1.080 piksel berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan hingga 441 piksel per inci. 

Layar sepenuhnya dilindungi dengan layar OGS Corning Concore yang diklaim memiliki kualitas setara Gorilla Glass 3.

Layar juga dilengkapi dengan teknologi all-new Sunlight Display, yang memungkinkan pengambilan gambar maksimal di tempat yang bercahaya kurang atau lebih. 

Selain itu, teknologi tersebut juga memungkinkan layar Mi 4i tetap tampil cerah meski terkena paparan sinar matahari.

Xiaomi Mi 4i dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13 megapiksel autofokus yang didukung oleh LED flash. 

Selain itu, untuk foto selfie atau video call, perangkat tersebut dilengkapi kamera depan berkekuatan 5 megapiksel.

Untuk performa yang lebih cepat, ditanamkan prosesor generasi kedua Qualcomm Snapdragon 615 octa core yang mendukung 64-bit.

Mi 4i mempunyai RAM 2 GB dan internal memori 16GB. Ponsel juga dilengkapi dengan slot 4G dual SIM.

Untuk pertama kalinya, Mi 4i dilengkapi dengan antarmuka MIUI 6 berbasis Android 5.0 Lollipop, sistem operasi versi terbaru dari Google. Xiaomi Mi 4i dibanderol dengan harga Rp2.799.000.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015