Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menyampaikan keprihatinannya atas ribuan pengungsi Rohingnya yang terdampar di Provinsi Aceh. Oleh karena itu, ia meminta pemerintah Indonesia membantu pengungsi Rohingya tersebut.

"Saya turut prihatin dengan situasi yang menimpa saudara-saudara kita masyarakat Rohingnya.

Sebagai warga masyarakat dunia, secara kemanusiaan kita wajib memberikan pertolongan.

Untuk jangka pendek, pemerintah Indonesia harus membantu menyelamatkan ribuan nyawa yang membutuhkan bantuan kemanusiaan," kata Fadli di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Fadli Zon juga menambahkan, untuk selanjutnya, Indonesia harus mendorong penanganan bagi para pengungsi Rohingnya ini melalui forum ASEAN. Sebab, katanya, ini sudah menjadi isu kawasan.

Myanmar sebagai anggota ASEAN juga harus proaktif menciptakan stabilitas kawasan dengan meredam konflik yang terjadi di wilayah negaranya.

DPR RI melalui Komisi I DPR RI, tambahnya, akan mendorong pemerintah Indonesia untuk bisa proaktif menyelesaikan masalah Rohingnya ini dalam kerangka ASEAN. Walaupun ada prinsip non interference terhadap urusan politik dalam negeri anggota ASEAN, dikarenakan dampaknya sudah dirasakan negara lain.

"Menurut hemat saya harus ada tindakan yang lebih tegas dari ASEAN untuk menyelesaikan permasalahan Rohingnya ini. Atas nama kemanusiaan dan stabilitas kawasan, semua pihak harus aktif nencari solusi. Pemerintah, ASEAN, maupun masyarakat sipil bisa menghadirkan solusi atas permasalahan Rohingnya ini," demikian Fadli.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015