Yang pasti pemerintah harus segera memastikan apakah berita tentang beras palsu plastik itu benar atau tidak, bila benar maka pemerintah harus menindak tegas importir maupun pembuatnya,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah diminta untuk menindak tegas pengimpor ataupun pembuat serta pengedar beras palsu dan bercampur dengan plastik.

"Yang pasti pemerintah harus segera memastikan apakah berita tentang beras palsu plastik itu benar atau tidak, bila benar maka pemerintah harus menindak tegas importir maupun pembuatnya," kata anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Ia juga meminta pemerintah untuk menjelaskan kepada masyarakat bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi.

"Lalu sesegera mungkin menarik seluruh beras palsu tersebut dari pasar dan bila itu impor, maka ajukan surat protes kepada negara pemasok agar melakukan tindakan hukum kepada pelaku karena membahayakan nyawa manusia, sekaligus sebagai warning kinerja Bea Cukai sampai hal ini lolos ke Indonesia," kata politisi PKB itu.

Ia juga mendesak pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian untuk menelusuri  benar kenapa itu bisa masuk ke Indonesia.

"Berapa banyak. Katanya gak ada impor tapi kok masuk beras impor kalau ternyata itu diimpor," kata Daniel Johan.


Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015