Segala upaya, Indonesia akan berupaya membantu, termasuk bagaimana pengungsi-pengungsi itu, jalan keluarnya dan bagaimana kita bantu perdamaiannya di konflik itu."
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia tengah mempertimbangkan langkah penyelesaian yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan pengungsi Rohingya yang terdampar di sejumlah provinsi seperti Sumatra Utara dan Aceh.

"Ya semua opsi lagi dipikir. Bagaimana kita berpikir kemanusiaan. Indonesia kan negara besar, Kita kan juga dulu negara pernah susah waktu kemerdekaan, ketika bencana kita kan dibantu orang. Kalau orang sekarang susah, kita balik membantunya," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantornya di Jakarta pada Selasa petang.

Menurut Kalla, pemerintah tengah memperhitungkan langkah tepat yang hendak diambil dengan mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan.

Wapres mengatakan selain mengatasi masalah pengungsi Rohingya, Indonesia juga ingin membantu perdamaian konflik yang terjadi atas Rohingya di Myanmar.

"Segala upaya, Indonesia akan berupaya membantu, termasuk bagaimana pengungsi-pengungsi itu, jalan keluarnya dan bagaimana kita bantu perdamaiannya di konflik itu," ujar Kalla.

Sekitar 96 orang pengungsi Rohingya terdampar di perairan Pangkalan Susu, Langkat, Sumatera Utara setelah terombang ambing selama tiga bulan di laut akibat kapal yang kehabisan bahan bakar.

Para pengungsi tersebut berasal dari negara Myanmar dan Bangladesh yang bertujuan ke Malaysia untuk mencari pekerjaan.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015