Pemuda harus bangkit, baik itu pemuda tani, pemuda nelayan, atau pemuda lainnya dalam bidang masing-masing. Kita jangan menjadi pemuda yang cengeng,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Rifai Darus mengimbau para pemuda jangan sampai terpecah oleh isu-isu yang dapat menimbulkan konflik.

"Pemuda harus bangkit, baik itu pemuda tani, pemuda nelayan, atau pemuda lainnya dalam bidang masing-masing. Kita jangan menjadi pemuda yang cengeng," ujar Rifai dalam acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107 di Jakarta, Rabu.

KNPI, sambung dia, melihat sejarah adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan pemuda. Sejarah mampu membangkitkan semangat pemuda untuk lebih baik di masa yang akan datang,

"Semangat para pemuda dapat tumbuh kembali melalui peringatan Hari Kebangkitan Nasional untuk membangun bangsa Indonesia," tambah dia.

Hari Kebangkitan Nasional juga dapat menjadi momentum para pemuda untuk melihat kembali perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional merupakan catatan dari rangkuman cita-cita Bung Karno dalam menuangkan pemikiran untuk kemerdekaan Indonesia.

"Bangkitlah pemuda Indonesia dan bangkitlah rakyat Indonesia," tukas Tjahjo yang pernah menjabat Ketua Umum KNPI itu.

(I025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015