Bogor (ANTARA News) - Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) mendukung peningkatan status Polres Bogor Kota untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, menjaga keamanan serta ketertiban.

"Perjuangan Polres Bogor Kota untuk meningkatkan statusnya, perlu kita (Kompolnas) dukung agar segera terwujud," kata Komisioner Kompolnas, Edi Saputra, saat ditemui dalam kunjungan kerja rombongan Kompolnas di Polres Bogor Kota, Kamis.

Menurut Edi, sudah saatnya status Polres Bogor Kota ditingkatkan menjadi Polresta Bogor, mengingat keberadaan Presiden Republik Indonesia yang sudah beraktivitas di Istana Bogor, sehingga menuntut kepolisian bekerja ekstra untuk menjaga Kamtibmas dan kegiatan kepresidenan.

"Dengan hadirnya Presiden yang beraktivitas di Istana Bogor, harus ada peningkatan status, jumlah personel juga harus ditambah," katanya.

Ia mengatakan, karena dipandang perlu secepatnya peningkatan status Polres Bogor Kota, maka Kompolnas membantu mempercepat proses dengan segera menemui Kapolri serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Kita akan segera mengahadap Kapolri untuk segera memproses peningkatan status ini, begitu juga dengan Menpan-RB yang menjadi penentu. Karena peningkatan status Polres Bogor Kota juga berdampak pada kinerja Kapolri dalam mengamankan tugas Presiden di daerah," katanya.

Sementara itu, Kapolres Bogor Kota AKBP Irsan mengatakan, usulan peningkatan status Polres Bogor Kota telah disampaikan sejak sebulan yang lalu kepada Polda Jawa Barat.

"Pengajuan di Polda Jawa Barat sudah kita sampaikan, saat ini masih menunggu proses di Polri dan juga Menpan-RB," katanya.

Menurut Kapolres, peningkatan status ini mengingat aktivitas Presiden Joko Widodo yang menetap di Istana Bogor, sehingga kemampuan Polres Bogor Kota harus bisa disesuaikan agar pelayanan dan pengamanan berjalan maksimal.

Saat ini anggota Polres Bogor Kota berjumlah 1.200 dengan jumlah penduduk Kota Bogor mencapai 1.050.000 jiwa. Terdapat enam Polsek yang tersebar di enam kecamatan.

"Ratio polisi dengan jumlah penduduk yang 1.050.000 jiwa sudah tidak maskimal lagi, peningkatan status diperlukan terlebih ada kegiatan presiden di Istana Bogor," kata dia.

Dikatakannya, dengan peningkatan status, maka jangkauan wilayah Hukum Polres Bogor Kota akan diperluas, ada delapan wilayah Kabupaten Bogor yang akan masuk dalam wilayah Kota Bogor bila status ditingkatkan.

Delapan wilayah tersebut diantaranya, Ciomas, Ciwi, Sukaraja, Cijeruk, Caringin, Dramaga, dan Kemang. Hal ini dikarenakan jarak wilayah ini sangat jauh dari pusat Pemerintahan Kabupaten Bogor. Justru lebih dekat ke wilayah hukum Polres Kota.

"Perluasan wilayah hukum ini dilakukan bertahap, ada opsi tiga Polsek terlebih dahulu, atau tujuh polsek. Bisa juga seluruh polsek ditarik secara perlahan-lahan," katanya.

Rombongan Kompolnas melakukan kunjungan kerja ke Polres Bogor Kota dalam rangka melihat pelaksanaan tugas di markas kepolisian tersebut. Kunjungan ini diikuti sekitar 29 mitra Kompolnas dari sejumlah perguruan tinggi yang ada di Tanah Air.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015