Jakarta (ANTARA News) - Organisasi Aktivis yang tergabung dalam Lingkar 98 mengatakan relawan Jokowi yang diberi jabatan Komisaris di Badan Usaha Milik Negara harus memihak rakyat dalam setiap kebijakannya.

"Harus memiliki semangat keberpihakan kepada negara dan masyarakat untuk memanisvestasikan nawacita, karena BUMN adalah agen pembangunan," Ketua Lingkar 98 Bernard Haloho saat ditemui dalam acara Peringatan 17 Tahun Reformasi di Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis.

Jika memiliki semangat tersebut, kata Bernard, relawan yang seperti itu wajib untuk diberdayakan dalam membantu negara, masyarakat dan pemerintah.

"Selama kompatibel, justru bukan lagi kita mendukung, malah kami menerima dan mewajibkan pemerintah untuk menempatkannya sesuai bidangnya," katanya.

Terkait dengan isu reshuffle, Bernard mengatakan hal tersebut adalah hak preogratif presiden. Maka, katanya, pihaknya tidak akan ikut terlibat dan mengomentari persoalan tersebut. "Terserah presiden saja, karena kewenangannya itu ada di presiden," katanya.

Ketika ditanya jika saat reshuffle tersebut menteri dalam Kabinet Kerja diisi oleh orang partai dengan mengganti kalangan profesional yang dulu didorong oleh para relawan ditempatkan di dalam kabinet, Bernard mengatakan mereka harus menarik dan mengundurkan diri dari struktur partai.

"Ya mereka harus mengundurkan diri dari struktur partai. Terkait dengan kualitasnya, saya percaya Jokowi melakukan hal yg terbaik, kita juga tidak mau cawe-cawe kuga disitu," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia acara Peringatan 17 Tahun Reformasi Hendrik Sirait yang ditemui di lokasi yang sama, mengatakan dalam reshuffle tersebut, Presiden Jokowi pasti objektif.

"Presiden Jokowi pasti punya ukuran dan penilaian. Terkait dengan menteri berasal dari parpol tidak masalah jika dia mumpuni," kata Sekretaris Jendral relawan Joko Widodo dari Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Indonesia Hebat (Almisbat) itu.

Dari informasi yang dihimpun Antara, organisasi massa pendukung Jokowi yang hadir dalam acara tersebut diantaranya Projo, Almisbat, Joman, Seknas Jokowi, Duta Jokowi, Lingkar 98, Laskar Dewa ruci, Yayasan Nawacita, Akar Jati Cirebon, Forum Alumni UI, Repdem, Lingkar Trisakti, Pagar Nusa, Radio MS tri, Fans Cakrawala, Seknas Muda, Jaringan Nasional Indonesia Baru, Gerbang sari, Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia Jakarta, Semeton Jokowi, Solidaritas Merah Putih.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015