Alhamdulillah kami sudah siap menyelenggarakan Muktamar ke-6 di Jakarta pada 23-24 Mei 2015 ini. Semoga acara ini berjalan lancar serta mendapatkan ridho dari Allah SWT,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) siap menyelenggarakan Muktamar VI Ormas tersebut yang dihadiri sekitar 600 peserta dari unsur Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah, Pengurus Daerah, dan Pengurus Majlis Taklim Perempuan (MTP) seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah kami sudah siap menyelenggarakan Muktamar ke-6 di Jakarta pada 23-24 Mei 2015 ini. Semoga acara ini berjalan lancar serta mendapatkan ridho dari Allah SWT," kata Ketua Umum Pengurus Pusat IPHI periode 2010-2015 H Kurdi Mustofa kepada pers di Jakarta, Jumat.

Menurut Kurdi, sesuai susunan acara, muktamar akan dibuka oleh Ketua Dewan Pembina IPHI periode 2010-2015 Jenderal TNI (Purn) H Djoko Santoso. Jika tidak ada halangan, Menteri Agama H Lukman Hakim Syaifuddin juga akan hadir serta menyampaikan kata sambutan pada acara itu.

Dalam kesempatan tersebut juga akan diserahkan "IPHI Award 2015" kepada beberapa IPHI daerah yang dinilai berprestasi dan memberikan manfaat yang besar bagi kemaslahatan umat, baik di bidang eonomi, pendidikan, ataupun kesehatan.

Kurdi menjelaskan, agenda muktamar antara lain penyampaian laporan pertanggungjawaban Pengurus Pusat IPHI periode 2010-2015 serta pemilihan Ketua Umum Pengurus Pusat IPHI periode 2015-2020.

Ia menambahkan, selama kepemimpinannya di IPHI, Ormas tersebut telah melakukan program aksi sebagai implementasi haji sepanjang masa untuk mewujudkan kesalehan sosial. Aksi IPHI itu terdiri dari tiga program prioritas, yakni bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

Kontribusi IPHI di bidang ekonomi adalah meningkatkan pemberdayaan dan revitalisasi koperasi syariah, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Syariah, dan Baitul Maal wa Tamwil (BMT), sedangkan di bidang pendidikan IPHI terus mendorong partisipasi pengurus daerah untuk berkontribusi mendirikan berbagai lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal.

Khusus di bidang kesehatan, IPHI terus mendorong berdirinya balai pengobatan dan bahkan rumah sakit. Beberapa IPHI daerah tercatat telah memiliki rumah sakit, antara lain IPHI Klaten, Banjarnegara, Kudus, Jombang, Malang, dan Batu.

Ke depan IPHI harus terus memantapkan dan mengembangkan komunikasi serta konsolidasi, baik dalam hal penataan, pembinaan, pengembangan kelembagaan, kepengurusan, dan keanggotaan organisasi, maupun perumusan kebijakan dan program aksi yang berorientasi kepada kemaslahatan umat yang mandiri dan kreatif, demikian Kurdi Mustofa.

Pewarta: Aat Surya Safaat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015