Jakarta (ANTARA News) - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) telah merealisasikan dana hasil penawaran umum perdana saham (IPO) sekitar 88 persen atau Rp1,19 triliun per akhir Desember 2014.

Direktur Pengembangan Usaha MPMX Agung C Kusumo dalam siaran pers di Jakarta, Jumat memaparkan bahwa dari 88 persen dana hasil IPO itu mayoritas telah digunakan untuk pengembangan unit-unit usaha.

"Sisanya, yakni 12 persen atau Rp160 miliar, saat ini mulai memasuki tahap awal untuk pembangunan pabrik pelumas kendaraan bermotor merk Federal Oil melalui anak usaha yakni PT Federal Karyatama (FKT)," katanya.

Adapun dana hasil IPO yang berhasil dihimpun MPMX sebesar Rp1,35 triliun. Sepanjang 2014, MPMX mencatat pertumbuhan kenaikan pendapatan sebesar 16 persen menjadi Rp16,1 triliun, kenaikan laba bruto sebesar 14 persen menjadi Rp2,3 triliun, dan perolehan laba bersih senilai Rp487 miliar.

"Perseroan akan tetap mendorong pertumbuhan bisnis yang positif dengan memperkuat operasional dan memanfaatkan potensi yang tersedia melalui unit-unit usaha sehingga tercipta sinergi bisnis di bawah group MPMX," katanya.

Direktur Keuangan MPMX Troy Parwata mengatakan bahwa pada 2015 perseroan akan mempertahankan momentum pertumbuhan bisnis. Pada periode Januari-Maret 2015 perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp3,9 triliun, tumbuh 7 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp3,6 triliun. Sementara laba bersih Perseroan mencapai Rp116 miliar.

Dipaparkan, kinerja operasional sejumlah anak usaha juga tercatat tumbuh positif sepanjang kuartal I 2015. Penjualan mobil Nissan-Datsun melalui MPMAuto meningkat 165 persen menjadi 623 unit, premi asuransi melalui MPMInsurance bertumbuh 71 persen. Di bisnis roda dua, penjualan MPMulia stabil diangka 216.000 unit sepanjang Kuartal I 2015.

Di segmen bisnis suku cadang otomotif, Federal Karyatama (FKT) mengoptimalkan peluang pertumbuhan pasar bisnis pelumas antara lain dengan meluncurkan oli khusus mobil dengan merek Federal Mobil dan saat ini sedang dalam tahap penyelesaian pembangunan pabrik pelumas baru berkapasitas 100 juta liter. Pabrik yang berlokasi di Cilegon, Banten ini direncanakan mulai berproduksi pada akhir 2016.

"MPMX akan terus berusaha mengoptimalkan peluang bisnis untuk meningkatkan nilai perusahaan dan memberikan manfaat yang optimal kepada stakeholders dan shareholders," kata Troy Parwata.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015