Jakarta (ANTARA News) - Jelang pekan pamungkas La Liga Spanyol fokus para penonton sudah beralih dari perebutan gelar Juara yang sudah dipastikan milik Barcelona berkat kemenangan di pekan ke-37 lalu, melainkan pertarungan agar terhindar dari degradasi ke Divisi Segunda musim depan.

Sedikitnya empat tim masih terancam bakal meninggalkan La Liga musim depan, yakni penghuni urutan 16 hingga 19, secara berurutan Granada yang memiliki total 34 poin, Deportivo La Coruna (34), Eibar (32) dan Almeria (32).

Perjuangan agar bisa terselamatkan semakin seru mengingat tiga dari empat tim yang terancam harus mempertaruhkan nasib mereka dengan menghadapi tim-tim penghuni empat besar.

La Coruna boleh jadi merupakan yang paling naas, sebab mereka akan menghadapi Barcelona, yang meski telah memastikan diri sebagai Juara Liga bukan berarti akan bermurah hati membantu upaya Pasukan Biru Putih untuk lolos dari ancaman degradasi.

Sementara Granada akan menghadapi Atletico Madrid, Almeria harus berhadapan dengan Valencia dan Eibar merupakan yang paling diuntungkan di laga pemungkas karena hanya menghadapi tim yang sudah pasti terdegradasi Cordoba, maka berikut adalah skenario-skenario yang dihadapi masing-masing tim untuk memastikan mereka berada di posisi aman.

Almeria
Almeria saat ini berada di peringkat 19 dengan total koleksi 32 poin, dan akan menghadapi Valencia di laga pamungkas.

Almeria bisa lolos dari ancaman degradasi apabila berhasil menang dan di laga lain dua dari tiga tim lain (Eibar, Granada dan La Coruna) gagal meraih tiga poin penuh.

Bahkan apabila Granada dan La Coruna beroleh satu poin tambahan, Almeria akan tetap finis di atas mereka berkat keunggulan poin head to head terhadap kedua tim tersebut.

Almeria saat ini memiliki keunggulan poin head to head 4-1 atas Granada juga La Coruna, namun tertinggal agregat gol head to head 4-5 dari Eibar.

Eibar
Meski memiliki keuntungan dengan menghadapi tim penghuni dasar klasemen Cordona, Eibar yang saat ini berada di peringkat 18 dengan raihan 32 poin ternyata kurang unggul dalam situasi head to head terhadap tiga tim pesaing lainnya.

Maka apabila mereka ingin terlolos dari degradasi, selain harus memperoleh kemenangan di laga pamungkas Eibar juga membutuhkan keberuntungan demi memenuhi prasyarat lainnya yakni Almeria gagal menang dan salah satu dari Granada atau La Coruna kalah di pekan penutup.

Sebab apabila Eibar berhasil menang dan Granada serta La Coruna meraih satu poin tambahan saja, tim besutan Gaizka Gaitano itu akan mengakhir musim di bawah kedua tim tersebut karena tertinggal dalam urusan head to head.

Eibar saat ini tertinggal poin head to head 0-6 dari La Coruna dan kalah total agregat gol defisit 24 berbanding defisit 35 dari Granada, namun memiliki keunggulan agregat gol head to head 5-4 atas Almeria.

La Coruna
La Coruna saat ini berada di peringkat 17 dan akan menjamu jawara liga, Barcelona, pada laga pengujung. Situasi tersebut kurang menguntungkan, mengingat mereka masih sangat terancam bisa terdegradasi apabila mereka kalah dan di laga lain para pesing memperoleh hasil positif.

Maka, pasukan besutan Victor Sanchez del Amo akan memastikan diri bertahan di La Liga apabila memperoleh tiga poin tambahan dari laga melawan Barcelona.

Pun demikian, kemenangan bukan satu-satunya skenario agar mereka aman dari degradasi, La Coruna bisa saja memaksa hasil imbang dengan Barcelona dan satu poin tambahan itu akan cukup menyelamatkan mereka jika Almeria tidak memperoleh kemenangan di pekan penutup.

Bahkan, apabila kalah sekalipun La Coruna masih berpeluang untuk berkiprah di kasta tertinggi sepak bola Spanyol musim depan dengan catatan baik Eibar maupun Almeria tidak memperoleh tiga poin tambahan di laga terakhir.

Granada
Granada baru berhasil keluar dari zona degradasi pada pekan lalu menyusul kemenangan 3-0 atas Real Sociedad, dan kini menempati peringkat 16 klasemen sementara.

Meski demikian, mereka hanya terpaut dua poin jauhnya dari ancaman degradasi, sehingga apabila Dewi Fortuna memalingkan wajah dalam sekejap tim asuhan Jose Ramon Sandoval akan kembali ke Divisi Segunda setelah empat musim lalu memperoleh promosi ke La Liga.

Kemenangan di laga terakhir atas Atletico Madrid, sudah pasti akan menyelamatkan Granada, namun mereka belum pernah menang dalam tujuh pertemuan terakhir melawan Atletico.

Apabila Granada bermain imbang lawan Atletico, mereka masih mungkin bertahan di La Liga dengan syarat di laga lain Almeria tidak memperoleh kemenangan atas Valencia.

Bahkan jika Granada kalah sekalipun mereka masih berpeluang selamat dari degradasi dengan catatan, Almeria dan Eibar tidak menang dari Valencia.

Artinya, apabila Granada tak berhasil memperoleh kemenangan di laga pamungkas, nasib mereka sangat tergantung pada hasil pertandingan Almeria.

Pasalnya, apabila Granada berakhir dengan perolehan poin yang sama dengan Almeria mereka akan menduduki satu peringkat di bawah Almeria karena kalah dalam catatan poin head to head 1-4.

Sedangkan apabila memiliki poin setara dengan La Coruna maupun Eibar, Granada tetap akan unggul, poin head to head 4-1 atas La Coruna dan agregat gol total defisit 34 berbanding defisit 24 dengan Eibar.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015