Sungguh kita bisa merasakan Woody Allen di seluruh bagian film tersebut."
Cannes (ANTARA News) - Mengenakan busana batik rancangan Iwan Tirta, artis Olga Lydia melangkah di karpet merah Festival Film Cannes, Prancis, Selasa malam (19/5).

"Ada rasa bangga saat saya melangkah di karpet merah pada saat saya menyaksikan penayangan film Marguerite & Julien karya Velerie Donzelli yang ikut dalam kompetisi," ujar Olga Lydia kepada ANTARA News, Jumat.

Menurut Olga Lydia, yang baru pertama kali hadir di Festival Film Cannes, berjalan di karpet merah (red carpet) menjadi sensasi tersendiri karena penonton antusias menyambutnya.

Sebelumnya, saat menonton film Irrasional Man karyaWoody Allen, Olga mengenakan busana mewah karya Sebastian Gunawan.

Sedangkan, saat menyaksikan film Prancis karya sutradara perempuan Maiwenn, Olga mengenakan gaun batik Iwan Tirta.

Ia mengemukakan, dalam acara bergengsi di Prancis itu menerapkan gaya rambut para bintang yang sederhana, yakni bertali kepang (pony tail).

"Kebetulan teman menonton kali ini adalah mahasiswa Prancis dari Paris jurusan desain yang senang memotret," ujar Olga.

Pengalaman berjalan di karpet merah, dikemukakannya, dalam buku resmi Festival Film Cannes dilarang membawa kamera.

Namun, ia menghadapi kenyataan bahwa diperkenankan memotret asalkan menggunakan telepon selular, tidak berlama-lama dan tidak menghalangi penonton lain.

Menurut Olga, sutradara Maiwenn merupakan sutradara yang cukup terkenal di Prancis, dan film Mon Roi (Rajaku) karyanya berhasil masuk seleksi panitia Festival Film Cannes 2015 yang sempat mendapat tepuk tangan panjang dari penonton.

Olga, yang sering bermain sinetron, juga berkesempatan melintas ke Teater Lumiere yang menjadi lokasi utama penayangann film.

Lumiere diambil dari nama kakak beradik pencipta kamera gambar bergerak pertama, dan pertama pula memproyeksikan gambar tersebut dalam ruangan untuk ditonton sebagai cikal bakal kamera bioskop.

Sepanjang jalan menuju Teater Lumiere, Olga melewati banyak orang yang sudah berdandan rapi sambil membawa kertas pengumuman untuk memperlihatkan undangan (invitation please) karena tiket melangkah di karpet merah tidak mudah didapat.

Saat itu, Olga berjumpa dengan Mark Freuerstein pemeran utama di serial Royal Pain yang ramah melayani permintaan foto. Setelah itu, Olga memasuki ruang teater menunggu kehadiran Woody Allen, Emma Stone dan Parker Posey.

Dikatakannya, semua tamu berdiri saat mereka memasuki ruangan, dan film Woody Allen termasuk yang cukup ditunggu karena selalu hadir dengan berbagai isu menarik, serta disajikan secara baik.

Film Allen berkisah tentang seorang profesor filosofi yang menemukan keinginan untuk hidup dengan melakukan tindakan irrasional. Kisah yang seru, kocak dan sedikit absurd.

"Sungguh kita bisa merasakan Woody Allen di seluruh bagian film tersebut," demikian Olga Lydia.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015