Presiden Jokowi adalah manusia biasa seperti kita semua, dan merupakan bagian dari rakyat Indonesia yang dipercaya untuk memimpin bangsa ini,"
Jakarta (ANTARA News) - Relawan Jokowi meminta kepada seluruh masyarakat agar bersabar dalam mengawal program-program yang sedang dijalankan oleh pemerintah pada saat ini.

"Presiden Jokowi adalah manusia biasa seperti kita semua, dan merupakan bagian dari rakyat Indonesia yang dipercaya untuk memimpin bangsa ini," kata Juru Bicara Forum Relawan Jokowi, Agung Nugroho melalui siaran pers kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan berbagai upaya yang dilakukan oleh Jokowi dan para Menteri yang membantunya adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mulai terbuka, transparan serta responsif terhadap tuntutan masyarakat.

"Di sinilah peran Negara melalui pemerintah hadir menjumpai rakyat yang membutuhkan, menjadi teladan dan mendengar jeritan dan tuntutan kebutuhan pelayanan," tuturnya.

Menurutnya, menjalankan pemerintahan yang bekerja untuk rakyat adalah tujuan penting dari Nawacita.

Lebih lanjut, ia menjelaskan ada tiga hal eleman utama yang ditargetkan oleh pemerintahan Jokowi-JK, dalam upaya menghadirkan Negara lewat peranan pemerintahan di tengah-tengah rakyat.

Pertama, memberikan rasa aman dan melindungi. Kedua, pemberantasan korupsi dan penegakan hukum, dan yang terakhir pelayanan publik.

"Pada masa awal pemerintahannya setelah 100 hari, Jokowi memberikan keteladanan penting," katanya.

Jokowi dipandang baik dalam menghadapi hasil sebuah Survei, di mana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap dirinya mulai menurun pascakenaikan harga BBM beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, Agung mengatakan ada pesan penting dari beberapa survei tersebut bahwa hanya sedikit "wong cilik" atau rakyat menengah ke bawah yang mengaku puas atas kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015