Lamongan (ANTARA News) - KONI Kabupaten Lamongan akan memberikan bonus Rp10 juta kepada setiap atlet yang  meraih emas dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim yang digelar di Kabupaten Banyuwangi, Juni 2015.

"Bonus itu sebagai motivasi, dan masih ditambah lagi bonus stimulus lainnya yang akan diberikan saat atlet menerima pengalungan medali di Banyuwangi," kata Ketua Umum KONI Lamongan Djanadi, di Lamongan, Sabtu.

Melalui bonus itu, ia berharap para atlet lebih termotivasi meraih prestasi terbaik.

KONI juga akan memberi bonus rp7,5 juta kepada peraih medali perak dan Rp5 juta untuk atlet yang berhasil mendapat medali perunggu.

Sementara itu, bagi pelatih yang kontingennya menerima 3 medali emas akan diberikan bonus Rp10 juta, dan Rp15 juta bagi yang atletnya mampu meraih 4 medali emas serta Rp20 juta untuk yang mampu meraih 5 medali emas.

Ia menjelaskan, kontingen Kabupaten Lamongan pada Porprov V Jatim di Banyuwangi akan berkekuatan sebanyak 162 atlet dan 64 ofisial, serta dibantu oleh sebanyak 267 pendamping.

Sedangkan untuk cabang olahraga yang diikuti ada sebanyak 18. Sebelumnya, Lamongan hanya ikut sera dalam 14 cabang olahraga pada Porprov IV di Madiun.

Di antara cabang olahraga yang diikuti adalah aeromodelling, atletik, panjat tebing, panahan, gulat dan tarung drajat, bina raga, wushu, catur, pencak silat dan karate. Selain itu juga, taekwondo, tenis meja, sepak takraw, bulutangkis, sepak bola, tenis lapangan dan drum band.

Sementara itu, berdasarkan data prestasi di Porprov pertama tahun 2007, Lamongan berada di peringkat 32, kemudian di peringkat 13 pada Porprov II tahun 2009.

Pada Porprov III tahun 2011, peringkat Lamongan naik menjadi 9, dan berhasil duduk di peringkat 7 pada tahun 2013 di Madiun.

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015