Berlin (ANTARA News) - Borussia Dortmund berpeluang tampil pada Liga Europa musim depan setelah menang 3-2 atas Werder Bremen ketika pelatih Jurgen Klopp menggapai kemenangan kandang terakhirnya.

Dortmund tuntas pada urutan tujuh untuk masuk babak kualifikasi Liga Europa, namun bisa merebut satu tempat langsung ke fase grup jika mengalahkan Wolfsburg pada final Piala Liga Jerman Sabtu pekan depan di Berlin pada pertandingan Klopp terakhir sebagai bos Borussia.

Klopp hengkang setelah tujuh tahun menukangi Dortmund yang menjuarai Liga Jerman pada 2011 dan 2012, sekaligus sekali membawa Dortmund ke final Liga Champions 2013, dan musim depan akan digantikan oleh mantan pelatih Mainz Thomas Tuchel.

Pelatih berusia 47 tahun itu bisa menutup musim dengan satu piala jika klubnya mengalahkan Wolfsburg di Berlin Sabtu pekan depan.

"Ini adalah pertandingan yang hebat, kami punya sistem yang baik dan opsi yang melimpah, namun saya tak berkeberatan, tempat ketujuh adalah yang terbaik yang bisa kami harapkan," kata Klopp yang klubnya sempat menghuni dasar klasemen pada Februari.

Sebuah pesan video berdurasi lima menit disampaikan Klopp kepada para penggemar Dortmund yang mematung di Westfalenstadion setelah peluit tanda bertandingan berakhir dibunyikan.

"Saya telah belajar dari terakhir kali saya berusaha memberikan pidato yang sudah dipersiapkan tujuh tahun silam ketika saya meninggalkan Mainz dan hampir tidak bisa mengeluarkan kata-kata," kata dia.

"Saya tak ingin kembali membuat kesalahan yang sama. Ini adalah emosi yang murni ke luar begitu saja."

Gelandang Jepang Shinji Kagawa memanfaatkan umpan Ilkay Gundogan untuk menciptakan gol pertama Dortmund pada menit 15.

Striker Gabon Pierre-Emerick Aubameyang menggandakan gol Dortmund sekaligus gol ke-16 dia musim ini, hanya dua menit sebelum Bremen menciptakan satu gol yang diciptakan gelandang Levin Oztunali pada menit 26.

Namun Dortmund mengubahnya lagi menjadi 3-1 ketika Henrikh Mkhitaryan mengoptimalkan umpan Kagawa dengan melepaskan lob kepada penjaga gawang Bremen Koen Casteels. Bek Ceko Theodor Gebre Selassie mencetak gol kedua Bremen.

Klopp disambut dengan standing ovation setelah pertandingan berakhir, demikian pula kepada mantan kapten Dortmund dan timnas Jerman Sebastian Kehl (35) yang akan pensin pada akhir musim ini, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015