Eibar, Spanyol (ANTARA News) - Nasib naas menimpa klub La Liga Spanyol, Eibar, yang harus turun kasta ke Divisi Segunda meski pada laga pamungkas menang besar 3-0 dari juru kunci Cordoba di Estadio Municipal de Ipurua, Minggu dini hari WIB.

Eibar harus menerima kenyataan itu karena Deportivo La Coruna dan Granada masing-masing memperoleh satu poin tambahan setelah imbang dengan lawannya masing-masing, Barcelona dan Atletico Madrid.

Akibat itu, ketiga tim sama-sama mengumpulkan total 35 poin, namun berdasarkan aturan penentuan peringkat dengan koleksi poin sama diputuskan melalui perolehan poin dari pertandingan ketiga tim tersebut.

Hasilnya, Deportivo ada di urutan paling atas dengan tujuh poin, Granada enam poin dan Eibar hanya dua poin, sehingga urutan itu pula yang mencerminkan tempat terakhir mereka pada klasemen La Liga musim 2014-2015, secara beruntun dari posisi 16 hingga 18.

Eibar yang berada pada peringkat 18, harus menerima kenyataan tergusur ke Divisi Segunda menemani Almeria dan Cordoba.

Almeria sendiri harus terusir dari La Liga setelah ditaklukkan tim tamu Valencia dengan skor 2-3.

Eibar memasuki laga dengan keuntungan di atas kertas menghadapi lawan yang paling mudah dibandingkan tiga tim lain yang tengah berjuang menghindari degradasi.

Hal itu terbukti betul dengan keunggulan atas Cordoba yang mereka peroleh lewat gol cepat hasil tandukan jarak dekat Mikel Arruabarrena usai menyambut umpan silang Ander Capa pada menit 6.

Keunggulan itu segera tergandakan hanya dalam waktu lima menit berselang, melalui tandukan Raul Navas yang menyambut bola sepak pojok Javi Lara.

Eibar bahkan memperoleh keunggulan 3-0 pada menit 34 melalui Capa usai menyelesaikan umpan Saul Berjon di luar kotak penalti untuk menaklukkan penjaga gawang Mikel Saizar.

Keunggulan tiga gol tanpa balas itu bertahan hingga laga usai, namun sayang hasil di pertandingan lain membuat pasukan besutan Gaizka Garitano itu tak terselamatkan dari jurang degradasi.

Berikut susunan pemain lengkap yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Eibar (4-2-3-1): Xabi Irureta (PG); Eneko Boveda, Lillo, Raul Navas, Didac Vila; Borja (Jon Errasti), Dani Garcia; Ander Capa (Txema Anibarro), Mikel Arruabarrena, Javi Lara; Saul Berjon (Angel)
Pelatih: Gaizka Garitano

Cordoba (4-2-3-1): Mikel Saizar (PG); Adrian Gunino, Fran Serrano, Deivid, Edimar; Luso, Abel (Heldon); Fidel (Sergio Garcia), Borja, Fede Vico (Jonathan Bijimine); Florin Andone
Pelatih: Jose Antonio Romero


Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015