Medan (ANTARA News) - Tercatat 18.073 siswa telah mendaftar untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Universitas Sumatera Utara (USU) tahun ajaran 2015.

Humas USU Bisru Hafi di Medan, Minggu, mengatakan bahwa jumlah pendaftar tersebut terus bertambah, bila dibanding hari-hari sebelumnya.

Dari jumlah 18.073 peserta tersebut, menurut dia, terdiri dari peserta untuk program Sain dan Teknologi 8.010 orang, program Sosial Hukum 5.924 orang dan Program Campuran 4.139 orang.

"Jumlah yang mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri tersebut, yakni pada hari ke-13 atau Minggu (24/5)," ujar Bisru.

Pendaftaran SBMPTN USU dimulai tanggal 11 hingga 29 Mei 2015.

Para lulusan SMA tersebut, memilih berbagai program studi, yakni Fakultas Kedokteran, Pertanian, Teknik, Ekonomi, FMIPA, Hukum, Fisipol dan berbagai jurusan lainnya.

"Para pendaftar tersebut bukan hanya berasal dari Provinsi Sumut, tetapi juga dari daerah lainnya dari Pulau Jawa," kata juru bicara USU.

Peserta yang mendaftara adalah siswa lulusan SLTA tahun 2015, 2014, dan 2013, serta pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK) dan sederajat, dan termasuk Paket C.

Ujian tertulis dilaksanakan pada Selasa tanggal 9 Juni 2015, sementara ujian keterampilan bagi pilihan program studi, tanggal 10- 11 Juni 2015.

Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan tanggal 9 Juli 2015 pukul 17.00 WIB melalui laman http://www.sbmptn.or.id.

Sementara, soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni meliputi potensi akademik.

Kemudian penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum).

Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi seni atau keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015